Dapatkah Kopi dan Teh diminum Secara Bersama ?

In Ruang Publik
Maulidia, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Diolah dari biji pilihan yang dipilih secara alami menjadikan bubuk kopi yang sempurna ditambah gula dan diracik dengan rasa yang pas sehingga menghadirkan aroma khas. Itulah kopi yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun, apa jadinya bila kopi dan teh diminum secara bersama ?.

Kopi adalah minuman yang terbuat dari buah kopi dan berasal dari tanaman kopi yang sengaja ditanam & dirawat oleh para petani di Indonesia agar menghasilkan biji kopi terbaik untuk dikonsumsi. Kebiasaan masyarakat pada umumnya, minum secangkir kopi selalu di pagi hari ditambah dengan makanan ringan yang menemani tuk mengawali aktivitas sebelum pergi bekerja. Tetapi, kopi tidak hanya dinikmati saat pagi hari, terkadang saat kantuk menyerang ditengah sibuknya menjalankan aktivitas, kopi disajikan sebagai minuman andalan penghilang kantuk.

Menurut sumber yang dilansir dari dokter kesehatan, ternyata kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita menghilangkan rasa kantuk serta meningkatkan kewaspadaan maka dari itu, kopi adalah minuman yang pas tuk dikonsumsi saat kegiatan sehari-hari. Sedangkan teh, terbuat dari daun pucuk teh terbaik memiliki kandungan theobromin mampu mencegah datangnya penyakit jantung dengan cara membuat aliran darah menjadi lancar.

Secara alamiah, kopi dan teh memberikan manfaat kesehatan. Sebagian orang berpendapat, kalau minum teh dan kopi secara bersamaan dalam waktu dekat menimbulkan overdosis kafein. Mengapa demikian ? karena kedua minuman tersebut terdapat kandungan kafein di dalamnya.

Teh merupakan minuman endapan dari bubuk teh yang disaring melalui filter (serbuk pelindung teh) sari pati dalam serbuknya dapat menyerap air yang menghasilkan teh. Hal ini memungkinkan jika overdosis tersebut bisa terjadi apabila kita mengonsumsinya secara berlebihan. Menurut pakar kesehatan, kondisi ini baru terjadi jika kita mengonsumsinya lebih dari 200-300 mg setiap hari. Karena itulah ada baiknya jika kita tidak meminumnya berlebihan setiap hari.

Pada kenyataannya memang benar kalau kafein membuat kita kecanduan walaupun sekali minum. Untuk itu kita bisa mengupayakan dalam memilih minuman sebelum dikonsumsi baik teh maupun kopi setiap hari dan tergantung pada selera keinginan dari minuman ini, misalnya demi menghilangkan rasa kantuk atau sekadar menyegarkan pikiran.

Kita boleh saja mengonsumsi kedua minuman ini setiap hari termasuk dalam waktu bersamaan atau berdekatan. (*)

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu