Baktijaya Ingin Target Kampung KB Terwujud

In Satelit Depok
KEGIATAN : Koordinator Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Sukmajaya, Tuti Sulasmi sedang memberikan materi Kampung KB untuk RW20 dan RW21 di kantor Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : GHEA PATTIA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Program Kampung KB di RW20 dan RW21 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya diharapkan dapat terealisasi serta mengaktualisasikan delapan fungsi Keluarga dan membangun karakter bangsa melalui perwujudan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Seperti yang disampaikan Lurah Baktijaya, Pairin, Kampung KB merupakan salah satu upaya  mendekatkan pelayanan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada masyarakat.

“Agar mengaktualisasikan delapan fungsi Keluarga dan membangun karakter bangsa melalui perwujudan keluarga kecil bahagia sejahtera,” tutur Pairin usai Rapat Koordinasi dan Penyusunan Kampung KB RW20 di aula kantor kelurahan setempat.

Diketahui, sasaran Kampung KB utamanya adalah penduduk yang tinggal di wilayah miskin, padat penduduk, kurang memiliki akses kesehatan, terpencil, pesisir, kumuh dan kesertaan ber-KB nya masih rendah. Kampung KB diharapkan akan membuat Program KB bergema kembali dan dapat menjangkau masyarakat, terutama yang berada di wilayah.

Untuk itu, Pairin menginginkan berbagai indikator dari program Kampung KB dapat terealisasi dengan baik. Sehingga, menjadikan Kelurahan Baktijaya, khususnya RW 20 dan RW 21 dapat tertata dengan baik.

“Menunjuk RW20 dan RW21 sebagai wilayah untuk Kampung KB karena jumlah penduduknya yang padat dengan jumlah masing-masing RW mempunyai 10 RT,” ujarnya.

Menurutnya, program Kampung KB tidak hanya terkait dengan perencanaan keluarga dalam mempunyai keturunan. Tetapi, tentang ketahanan keluarga dan juga menggali potensi ekonomi mikro kecil yang ada di lingkungan RT dan RW.

“Tentu kami berharap target dari program Kampung KB di Kelurahan Baktijaya dapat terwujud dan masyarakat benar-benar merasakan dampak positifnya,” pungkas Pairin.

Sementara, Ketua RW21, Didi mengaku terbantu dengan Program KB di wilayahnya. Pasalnya, sesuai dengan program di wilayahnya, yakni penataan penduduk.

“Program KB sesuai dengan program RW, yaitu untuk penertiban perkembangan penduduk. Bukan pertumbuhan penduduk, tapi perkembangan penduduk karena banyaknya warga pendatang diwilayah ini,” tandasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ghea Pattia

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

gantung diri di pancoranmas

Gantung Diri di Pohon Belimbing

AKIBAT DEPRESI : Jasad Jaelani (36), pria yang nekad gantung diri, masih menggantung di pohon,

Read More...
pelatihan guru di sawangan

K3S Sawangan Latihan Bikin Soal US

LATIHAN : Ketua Pelaksana, Amir N memberikan sambutan dalam Pembinaan Teknis Pengembangan dan Penyusunan Soal

Read More...
kebakaran gedung DPR

Ternyata Bukan Kebakaran yang Jadi Penyebab Gedung DPR Berasap

Asap di gedung DPR diduga berasal dari lantai 2.   JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar

Read More...

Mobile Sliding Menu