25 Oktober Pendaftaran CPNS Depok

In Metropolis
BERAKTIFITAS : Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) saat beraktifitas di lingkungan Balaikota Depok. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Akhirnya kepastian yang tunggu-tunggu datang juga. Warga Depok yang mau mencoba jadi abdi negara, bisa segera mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Depok. Jumat 25 Oktober 2019, pendaftaran CPNS Depok sudah dibuka.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, masih menunggu instruksi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), terkait petunjuk teknis penerimaan CPNS tahun 2019.

“Kita masih menunggu surat penetapan. Kamis (17/10) kemungkinan suratnya udah sampai ke sini,” kata Mary, kepada Radar Depok, Rabu (16/10).

Dia mengungkapkan, tahun ini BKPSDM sudah mengirimkan usulan ke Kemen Pan-RB terkait jumlah CPNS dan formasi yang dibutuhkan. “Usulan sudah dikirim sejak awal Agustus kemarin,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, 2019 ini meminta tambahan 428 CPNS untuk menempati formasi di bidang pendidikan, kesehatan, dan tenaga teknis. “Paling banyak kami meminta tenaga pendidik, lalu disusul tenaga medis, sisahnya teknis,” bebernya.

Dia menambahkan, berkaca pada usulan yang diajukan. Kemungkinan para peserta pendaftaran CPNS di Kota Depok nantinya minimal harus berpendidikan D3 dan S1. “Depok butuh guru dan tenaga medis, maka jenjang pendidikan minimal calon peserta harus segitu,” ucapnya.

Dalam laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kepala Biro Humas BKN M. Ridwan mengatakan, Pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada 25 Oktober mendatang. Dia menyebutkan, sekitar 140 ribu dari 197 ribu formasi akan disediakan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

“Formasi itu terutama guru berjumlah 63 ribuan, kemudian tenaga kesehatan, bidan, dokter, dokter gigi, perawat itu 31 ribuan, kemudian tenaga teknis fungsional 23 ribuan, dan teknis lainnya 28 ribuan,” jelas Ridwan.

Ridwan menjelaskan, tidak semua instansi negara akan membuka formasi. Terdapat 541 instansi pusat maupun daerah yang mendapat jatah formasi tahun ini.

Ridwan berharap, pengumuman CPNS dapat terlaksana setelah pelantikan presiden pada hari minggu mendatang. Pelantikan presiden pun ditunggu untuk mengantisipasi apabila ada kementerian yang bergabung.

“Panselnas itu harus menyesuaikan formasi yang sudah siap , dengan struktur kabinet dengan kabinet yang baru. Jangan sampai kabinet A dan B digabung dan sebaliknya,” jelas Ridwan. (rd)

 

Tentang Penerimaan CPNS :

Pendaftaran :

– Jumat 25 Oktober 2019

 

CPNS Depok :

– Tambahan kuota 428

 

Formasi :

– Pendidikan, kesehatan, dan tenaga teknis

 

Pendidikan :

–  D3 dan S1

 

Penerimaan Se-Indonesia :

– 197 ribu CPNS

 

Formasi :

– 1140 ribu untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

 

Rincian :

– Guru berjumlah 63 ribuan

– Tenaga kesehatan, bidan, dokter, dokter gigi, perawat 31 ribuan

– Tenaga teknis fungsional 23 ribuan

– Teknis lainnya 28 ribuan

 

Pembukaan CPNS :

– 541 instansi pusat maupun daerah

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Ragam Kompetisi dan Aksi di Glabs Expo 2019

PEMBUKAAN : Global Islamic Labschool (Glabs) Expo 2019 telah dimulai dengan dibuka secara resmi oleh

Read More...

Kecamatan Sawangan Ingatkan Bahaya HIV dan Narkoba Kepada Siswa

INGATKAN : Susana sosialisasi P4GN terkait HIV kepada siswa SMP Islam Darul Irfan, Kecamatan Sawangan,

Read More...

90 Masyarakat Serua Diperiksa Kesehatan

PEDULI : Katar Kelurahan Serua bersama Fakultas Kesehatan UPN Jakarta, usai melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat

Read More...

Mobile Sliding Menu