Uhamka Sebar Anti Korupsi dengan Puisi di SMP dan SMA Muhammadiyah

In Pendidikan
KARAKTER : Siswa-siswa SMP dan SMA Muhammadiyah Sawangan mendapatkan pelatihan menulis puisi dengan tema antikorupsi yang merupakan Program Pengmas Uhamka Jakarta. FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Sebagai program dari Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) Jakarta, diadakan kegiatan pelatihan menulis puisi. Kegiatan yang diadakan di SMP dan SMA Muhammadiyah Sawangan tersebut, penulisan puisinya dikaitkan dengan penanaman budaya anti korupsi.

Dosen Uhamka, Syarif Hidayatullah mengatakan, dalam kegiatan tersebut siswa diajak untuk membuat puisi yang bertemakan antikorupsi. Jadi, mengajak siswa untuk berkampanye antikorupsi dengan menyenangkan dan kata-kata yang baik.

“Dalam program Pengmas ini, selain saya ada juga Nur Aini Puspitasari dan Abdul Rahman Jupri sebagai anggotanya,” ucap Syarif yang juga menjadi ketua tim kepada Radar Depok.

Syarif menjelaskan, siswa  sebagai generasi bangsa, tentunya harus ditanam dengan kebaikan sedari sekarang, yang salah satunya adalah budaya antikorupsi. Ada beberapa hal yang dilakukan siswa berkaitan dengan korupsi, dan hal itu dilakukan secara tidak sadar kalau itu adalah bagian dari korupsi.

“Mulai dari telat datang sekolah, menyontek, berbohong, tidak bertanggungjawab saat diberi amanah, itu juga bagian dari tindakan korupsi,” terangnya.

Syarif menjelaskan, ini juga bekaitan dengan budaya literasi, jadi mengajak siswa untuk membuat puisi, dan mengajarkan kepada mereka untuk membuat puisi, sehingga mereka akan kaya dengan kosakata yang baik-baik. Tentunya diselipkan juga dengan pesan-pesan yang memiliki banyak makna dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga, siswa yang merupakan sebagai penerus bangsa terbentuk karakternya sejak duduk di bangku sekolah. Sehingga, saat mereka diberikan kepercayaan dalam berbagai profesi, mereka menjadi orang yang terbiasa berbudaya antikorupsi,” tuturnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu