SLBN Diajarkan Kesiapsigaan Bencana

In Pendidikan
SIGAP: Peserta didik Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Depok simulasi tanggap bencana bersama BPBD Kabupaten Bogor di lapangan sekolah, Perumahan Permata Regency, Kelurahan Ratujaya, Cipayung, Kota Depok, Rabu (18/9). FOTO : SANI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Potensi bencana di Kota Depok memang tidak terlalu besar, tapi tetap perlu diwaspadai. Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Depok bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, simulasi sekolah aman bencana kepada ratusan siswa, guru, dan Kepala SLB se-Kota Depok, Rabu (18/9).

Kepala SLBN Kota Depok, Cornelia Dewi mengatakan, kesadaran dalam mengatasi risiko harus dimiliki seluruh masyarakat, termasuk pelajar dan guru di sekolah. Karena itu, sosialisasi harus terus digencarkan ke sekolah

“Anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) juga perlu memiliki pengetahuan yang sama tentang penanganan bencana, minimal untuk dirinya sendiri,” kata Lia kepada Radar Depok, ditemui di sekolah yang berlokasi di Perumahan Permata Regency, Kelurahan Ratujaya, Cipayung, Kota Depok.

Menurut istri Camat Cipayung ini, kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi bencana untuk mengurangi resiko bencana di sekolah. Serta mengenali daerah bahaya di sekitar sekolah, sebab bencana dapat terjadi kapan saja.

“Sebelumnya kami sudah sosialisasi dengan Damkar tiga bulan lalu sosialisasi serupa. Setelah ini nantinya BPBD akan mengevaluasi tiga bulan ke depan,” tukas Lia.

Sementara itu, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Firdaus Noerrochiem mengemukakan, materi yang disampaikan berupa penanganan bencana seperti gempa bumi, longsor dan puting beliung. Kegiatan ini juga diselingi dengan praktik langsung.

“Memberikan sosialisasi kepada ABK juga perlu penyampaian khusus. Kami berikan materi sangat detail, disertai praktik langsung. Mudah-mudahan setelah kegiatan ini, siswa maupun guru bisa mengaplikasikan ilmu ini saat terjadi bencana,” pungkas Firdaus. (rd)

 

Jurnalis : Nur Aprida Sani (IG : @apridasani)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

tim jaguar ke SMKN 2 Depok

SMKN 2 Kedatangan Jaguar

PROGRAM : SMKN 2 Depok mengundang Tim Jaguar Polres Metro Depok sebagai pembina upacara bendera,

Read More...
editan eks situ

Potongan Konsinyasi Disoal Warga Eks Situ

CARI KEADILAN : Warga Eks Situ Krukut yang terdampak pembangunan Tol Desari kompak mencari keadilan.

Read More...
Lazfest 2020

Lazfest 2020 Gulirkan Sembilan Lomba

PEMBUKAAN : SMA Lazuardi GIS kembali mengadakan Lazuardi Festival (Lazfest) di tahun 2020 dengan menggelar

Read More...

Mobile Sliding Menu