SIT Al-Haraki Gelar Pelatihan Pembelajaran HOTS

In Pendidikan
PELATIHAN: Pelatihan pembelajaran HOTS dari LPMP Banten yang berlangsung di SIT Al-Haraki Kota Depok, Jumat-Sabtu 20-21 September 2019. FOTO : AGUNG/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 100 guru SIT Al-Haraki mengikuti pelatihan pembelajaran HOTS dari LPMP Banten, yang berlangsung di SIT Al-Haraki, Jumat-Sabtu 20-21 September 2019.

Kabag Penjamin Mutu Pendidikan SIT Al-Haraki, Mowdi Vidiyanti menyebutkan, pelatihan pembelajaran berbasis HOTS ini meliputi pelatihan administrasi, pramubakti, hingga Alquran. Tujuannya siap menghadapi era globalisasi dan kompetisi yang luar biasa, setiap guru harus bisa membekali siswa berfikir kritis, kolaboratif, dan kreatif.

“Hari ini merefresh kembali, agar pembelajaran HOTS ini lebih terarah, memiliki visi misi yang sama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Meski sebelumnya sudah dilakukan secara internal unit,” terang Mowdi kepada Radar Depok, kemarin (20/9).

Materi yang disampaikan lanjut Mowdi, meliputi bagaimana cara menganalisa pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) yang bisa dijadikan pembelajaran HOTS. Kemudian guru diminta mengaplikasikan rencana pelaksanaan pembelajaran.

“Lalu ada demo teaching pembelajaran kepada sesama guru, serta penilaian berbasis HOTS. Guru memiliki materi siswa diajak berfikir kritis, hingga berani mengemukakan pendapat. Lebih kepada student center,” tutur Mowdi.

Selain itu, nantinya siswa dituntut untuk mencari solusi dalam menghadapi masalah yang dihadapinya sehari-hari. Apalagi pembelajaran banyak dilakukan berkelompok. “Siswa harus bisa menghormati orang lain, bagaimana cara berkomunikasi dengan teman-temannya,” harap Mowdi.

Terpisah, peserta yang juga guru Alquran, Tijani menilai,  Pelatihan pembelajaran HOTS sangat membantu para guru dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran di bidang agama, khususnya materi Alquran.

“Ada penulisan tajwid dan ghorib. Guru membuat panduan sendiri terkait pembelajaran tajwid dan ghorib. Metode ini kita lakukan agar lebih mengena lagi saat pembelajaran ke siswa,” ucap Tijani.

Diketahui, SIT Al-Haraki sudah membuat buku terdiri dari empat jilid dengan metode penyampaian ke siswa melalui Haraki Quran Center. “Dengan buku panduan tersebut alhamdulillah para siswa lebih cepat memahami dalam membaca Alquran,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu