Semangat Warga RT04/04 Cipas Ciptakan Bersihkan

In Satelit Depok
KESADARAN LINGKUNGAN :  Warga RT04/04, Kelurahan Cipas, Cimanggis mengangkat sampah dari saluran air yang ada di lingkungan setempat. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Warga RT04/04, Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Cimanggis tak pernah lelah untuk membersihkan lingkungan mereka yang dikelilingi lapak-lapak pedagang pasar yang ada di sana. Meski, sering dikerumuni sampah, para warga tidak menyerah untuk membersihkan lingkungan tersebut.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

RADARDEPOK.COM, – Jorok dan menjijikan, mungkin itulah kata yang bisa menggambarkan keadaan saluran air di sepanjang Jalan Raya Bogor yang masuk ke wilayah RT04/04, Kelurahan Cipas. Berbagai jenis sampah mulai dari organik, non organik hingga limbah menjadi pemandangan lazim di lokasi tersebut.

Meski demikian, para warga RT04/04, kelurahan setempat  tidak keberatan untuk membersihkan saluran tersebut. Bahkan beberapa warga mau menceburkan diri ke dalam got untuk membersihkan sampah-sampah yang menyumbat saluran air.

Di sana juga tampak Ketua RT04/04, Kelurahan Cipas, Iwan yang sedang membantu wargannya untuk melakukan kegiatan bersih-bersih. Sambil mengangkati sampah dari tepian saluran ke sebuah gerobak sampah dia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang mereka lakukan setiap bulannya.

“Biasanya kami melakukan kegiatan bersih – bersih ini bisa dua kali dalam sebulan,” katannya.

Mayoritas sampah yang ada di saluran tersebut berasal dari para pedagang yang ada di sana. meski demikian mereka tidak mempersoalkan hal tersebut karena bagi mereka kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama.

“Kami ingin mencontohkan semangat dalam menjaga kebersihan lingkungan tanpa harus menyalahkan orang lain,” tuturnya.

Selain membersihkan saluran, pihaknya juga rutin mengecek kondisi saluran baik pada musim hujan maupun musim kemarau untuk memastikan air di saluran tidak mampet dan mengganggu arus lalu lintas di sekitar saluran.

“Kita sering kontrol saluran walau tidak sedang kerja bakti, untuk memastikan sampah tidak membeludak,” bebernya.

Dia berharap, ke depan para pedagang lebih peduli akan lingkungan. Sebab jika terus dibiarkan seperti ini dikhawatirkan akan mengakibatkan banjir walau sudah sering dibersihkan.

“ Percuma juga kalau kita bersih-bersih tapi sampah masih dibuang sembarangan. Maka dari itu kami minta semua pihak untuk meningkatkan kesadaran lingkungan,” tutupnya. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu