RW20 Tapos Swadaya Perbaikan Drainase

In Satelit Depok
INISIATIF : Pengurus RW20, Kelurahan Tapos sedang mengukur saluran di sepanjang Jalan Raya Kebayunan untuk dilakukan perbaikan di saluran tersebut. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Pengurus RW20 Kelurahan/Kecamatan Tapos berinisiatif untuk memperbaiki drainase di wilayahnya yang berada di Jalan Raya Kebayunan secara swadaya atau tidak membebankan APBD Kota Depok.

Ketua RW20, Kelurahan Tapos, H. Yusuf Hidayat mengatakan, kegiatan perbaikan saluran tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan sebelum melakukan perbaikan saluran.

“Kami sudah melakukan pengukuran saluran untuk diperbaiki,” katanya, Jumat (20/9).

Ia mengungkapkan, setelah dilakukan pengukuran, mereka sudah mendapatkan panjang dan luas saluran yang akan diperbaiki. Dia menjelaskan, panjang saluran yang akan diperbaiki memiliki panjang 600 meter dengan kelebaran yang dibutuhkan sebesar 60×40 centimeter

“Hasil ukuran kami, panjang salurannya akan membentang mulai dari Pom bensin Kebayunan sampai Kali Sunter,” ujarnya.

Yusuf menjelaskan, meskipun dilakukan secara swadaya, kualitas saluran tersebut nantinya sesuai dengan spesifikasi dari Dinas PUPR Kota Depok. Sehingga, sangat laik untuk menampung debit air ketika masuk musim hujan nanti.

“Kemungkinan perbaikan saluran ini akan menelan biaya sebesar Rp. 600 Juta, sebab kami hitung per meternya bisa memakan biaya sebesar Rp.1 Juta,” bebernya.

Untuk mewujudkan rencana tersebut pihaknya akan melakukan swadaya dengan mencoba mencari potensi sumbangan dari lingkungan untuk pembiyaan pekerjaan perbaikan saluran tersebut.

“Kami optimis kegiatan swadaya ini akan terealisasi dalam waktu dekat,” bebernya.

Sementara, salah satu kandidat Ketua LPM Kelurahan Tapos, Sarif Kodon mengatakan, dia mengapresiasi kegiatan swadaya masyarakat yang dilakukan Ketua RW20, Kelurahan Tapos. Menurutnya semangat warga dalam membangun lingkungannya tersebut sangat bagus dan perlu dicontoh wilayah lainnya.

“Semangat mereka perlu kita contoh. Manfaatkan semua potensi di wilayah untuk membangun wilayah kita,” tuturnya.

Ia menegaskan, jika terpilih menjadi Ketua LPM Tapos, nantinya dia akan menerapkan semangat swadaya masyarakat tersebut ke dalam jajarannya sehingga pembangunan di tingkat kelurahan juga bisa berjalan walau tidak mengandalkan APBD Kota Depok.

“Semangat ini akan saya terapkan jika  terpilih. Saya akan menggandeng unsu pemerintahan dalam mencari potensi di lingkungan untuk membangun wilayah ini karena tidak semua usulan bisa dicover APBD Kota Depok,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu