Pradi : LPPD Harus Naik Peringkat

In Politika
BERJUMPA : Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna (kanan), saat rapat bersama terkait LPPD selama satu tahun di Gedung Sate, Bandung, Selasa (10/9). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna berharap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Depok dapat melanjutkan tren positif dari 2017, dimana saat itu Kota Sejuta Maulid bertengger di posisi 12 dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Diketahui, sebanyak 27 kepala daerah melakukan rapat bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, terkait LPPD selama satu tahun di Gedung Sate, Bandung, Selasa (10/9).

Rapat tersebut juga dihadiri tim nasional Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Setiap tahunnya peringkat LPPD Kota Depok kerap berubah. Pada tahun 2015 berada diposisi 7, tahun 2016 diperingkat 23, dan pada tahun 2017 bertengger diposisi 12. Untuk LPPD Kota Depok tahun 2018 masih dalam proses penilaian, dua hari lagi akan diketahui hasilnya,” kata Pradi.

Menurut Pradi, LPPD merupakan laporan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat yang disusun berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas, akurasi dan objektif. Kemudian, LPPD dievaluasi sesuai dengan PP Nomor 6 Tahun 2008, tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD)

“EPPD adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah provinsi terhadap pemerintah daerah. Hasil evaluasinya disampaikan kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai bahan fasilitasi dalam rangka peningkatan kinerja daerah,” katanya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, evaluasi LPPD dilakukan melalui dua penilaian variabel, yaitu indeks capaian kinerja 95 persen, dan indeks kesesuaian materi 5 persen. Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2019 terhadap LPPD Kota Depok Tahun 2018 dilakukan dengan menilai capaian indikator kinerja atau IKK (Indikator Kinerja Kunci).

“Semoga peringkat LPPD Kota Depok tahun 2018 meningkat,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ICW Curiga Reivisi UU KPK, Karena 23 Anggota DPR Jadi Tersangka

Ketua DPR Setya Novanto harus mendekam di penjara karena kasus korupsi yang menjerat dirinya. Selain

Read More...

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Klinik Pasar Tugu Layani Kesehatan Pasien

CEK KESEHATAN : Petugas medis klinik Pasar Tugu, Widia sedang memeriksa kesehatan salah satu pasien

Read More...

Mobile Sliding Menu