Meningkatkan Publikasi Ilmiah Guru SD Depok

In Pendidikan
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : Para peserta sedang mengikuti pembekalan materi dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, di SD Negeri Depok 2 Baru. Insert: Ketua Tim Pengmas FIB UI, Untung Yuwono bersama Kepsek SDN Depok Baru 2, Hanik Nurlaila. FOTO : AGUNG/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) melanjutkan komitmen berkontribusi bagi masyarakat Depok. Sejumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Pengmas) yang dilakukan bagi masyarakat Depok.

Salah satunya peningkatan kualitas penulisan artikel bagi wartawan bekerja sama dengan Radar Depok dua tahun lalu. Pada tahun 2019 ini salah satu kegiatan Pengmas diarahkan kepada guru-guru sekolah dasar di Depok.

Bertempat di SD Negeri Depok Baru 2, tim pengmas FIB UI yang diketuai Dr. Untung Yuwono, dosen Program Studi Indonesia FIB UI, dan beranggotakan lima dosen pada program studi yang sama, mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar di Depok pada 14 September 2019 yang baru lalu. Pelatihan diadakan dalam bentuk kelas kecil yang diikuti 15 guru sekolah dasar yang bersedia meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menghasilkan karya ilmiah.

“Kegiatan ini memang belum diadakan dalam kelas besar dan baru diikuti oleh beberapa guru SD yang termotivasi untuk meningkatkan kompetensi menulis karya ilmiah. Diharapkan ke depan program pengmas ini dapat dikembangkan karena Depok merupakan kota potensial penghasil SDM unggul, baik siswa maupun guru, termasuk dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah terpublikasi,” tutur Untung kepada Radar Depok.

Publikasi ilmiah memang masih menjadi persoalan tersendiri bagi kalangan intelektual, tidak hanya di perguruan tinggi tetapi juga di sekolah. Saat ini untuk kenaikan pangkat guru, misalnya, disyaratkan adanya minimal dua karya ilmiah yang dihasilkan oleh tiap guru sebagai salah satu pemenuhan profesionalisme guru. Namun, masih sedikit jumlah guru, terutama guru SD, yang mampu menghasilkan karya ilmiah.

“Masalah besar bagi pendidik jika tidak mampu mengajukan dan menyebarluaskan gagasan tentang pembelajaran dalam suatu tulisan. Untuk itu, kami menawarkan kegiatan pengmas ini bagi guru SD. Peserta guru SD tidak hanya menerima materi tentang bagaimana menulis karya ilmiah berbahasa Indonesia, tetapi juga menempuh pembimbingan dalam menghasilkan karya ilmiah, dan pada akhirnya kami akan mengupayakan publikasi tulisan ilmiah mereka tentang pembelajaran yang kreatif dan inovatif di sekolah dasar,” lanjut Untung.

Sementara Kepala SDN Depok Baru 2, Hanik Nurlaila menyampaikan apresiasi kepada Tim Pengmas Dosen UI yang sudah membantu para guru di sekolah tersebut, dalam menulis karya tulis ilmiah, bahkan mempublikasikannya.

“Saya yakin dengan cara seperti ini kita dapat memaksa diri dan pada akhirnya terbiasa menulis karya ilmiah untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah, khususnya guru SD,” ucap Hanik. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu