Memanfaatkan Pekarangan Rumah dengan Tanaman Hidroponik

In Ruang Publik

 

Oleh:Asep Yana Yusyama

 

APAKAH kita pernah menyadari bahwa lahan kosong di perkotaan terus menyempit? Tentunya ini merupakan salah satu risiko masyarakat kota. Selain masalah lahan, sayur mayur yang didapat apakah benar sehat atau telah terkontaminasi pestisida berbahaya. Kedua permasalahan tersebut menjadi latar belakang dihadirkannya sebuah program pegabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di pelataran Masjid Al-Hidayah Jl. Bambon Raya No. 117, Kecamatan Beji Kota Depok, 08 September  2019 kemarin. Candra Damis Widiawaty, S.T.P., M.T. sebagai pemateri kegiatan mengatakan bahwa penenaman tanaman hidroponik tersebut  sangat mudah, bisa dilakukakn oleh siapapun dan bisa ditanam pada halaman yang sempit. Ibu-ibu PKK yang menjadi peserta pelatihan terlihat sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut, bahkan tidak sedikit dari mereka yang tidak sabar untuk langsung mempraktikkan.

Para peserta wajib mengisi kuesioner terlebih dahulu sebelum melaksakan pelatihan. Dari hasil kuesioner pra pelatihan disimpulkan bahwa mayoritas para peserta belum mengetahui dan belum mendapatkan pelatihan mengenai tanaman hidroponik. Bapak Sidiq Ruswanto, M.Si., selaku Ketua Tim menyampaikan dalam sambutannya bahwa pelatihan tersebut sebenernya terbuka untuk siapapun yang ingin ikut, tidak harus ibu-ibu PKK RT 02 RW 17 Beji saja, karena untuk menambah wawasan baru. Sambutan berikutnya disampaikan ketua RT. 02  Bapak Tatang, S.E., mengungkapkan bahwa warga merasa senang dan berterima kasih kepada Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta sudah menyediakan waktu dan kesempatannya untuk memberikan pelatihan tata cara menanam tanaman hidroponik tersebut. “Saya berharap, setelah ibu-ibu PKK ini mendapatkan pelatihannya langsung dipraktikan di rumah masing-masing ya,” ujar Tatang, S.E.

Sambutan Ketua Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta Bapak Dr. Eng. Muslimin, S.T., M.T. mengatakan bahwa pengabdian kepada masyarakat Peningkatan Ekonomi Mandiri Melalui Alih Teknologi Hidroponik Untuk PKK RT 02 RW 17 Beji Depok tersebut, diharapakan mampu menambah wawasan baru bagi warga RT. 02 khususnya para peserta ibu-ibu PKK. “Kebetulan pemateri sekaligus yang punya ide pelatihan ini ialah Bu Candra, beliau merupakan alumni Institut Pertanian Bogor, jadi Insya Allah sangat relevan sekali dengan tema pelatiahnnya,” Ungkap Bapak Muslimin.

Bentuk pelatihan cara menanam tanaman hidroponik ini diarahkan pada praktik langsung oleh pemateri, walaupun salah media tanam yang disediakan sudah disapkan jauh-jauh hari oleh bapak Adi Suryanto selaku asisten pemateri. media tanam yang harus disediakan untuk melakukan praktik, seperti pipa ukuran 4 inci beserta komponennya, pot kecil untuk bibit tanaman, busa bekas, pupuk cair EM 4, air, dan pompa mini untuk menghantarkan air dari sumber air menuju pipa yang menjadi media tanam karena teknik penanaman ini menggunakan media tanah.

Ketika proses pelatihan berlangusng, masing-masing peserta langsung mempraktikkan teori yang telah didapatkan. Tahapan yang dilakukan untuk porses penanaman cukup detail, sederhana, dan mudah, sehingga para peserta tidak merasa kesulitan untuk melakukannya di rumah masing-masing. Selain tata cara penanaman yang mudah, alat dan bahan pun mudah diperoleh dan harganya relatif  murah.

Selain sayuran yang ditanam untuk dikonsumsi, pelatihan tanaman hidroponik ini juga diharapkan mampu menumbuhkan jiwa usaha mandiri pada peserta pasca mendapatkan pelatihan tersebut. Dari hasil kuesioner yang diisi oleh peserta, antara pra dan pasca, terlihat peningkatan wawasan peserta terkait tata cara menanam tanaman hidroponik. “Alhamdulillah, setelah mendapatkan pelatihan ini, pengetahuan bertambah, dan kami ibu-ibu PKK merasa senang, terutama saya sendiri akan langsung mempraktikkan di rumah,” ujar ibu Eliasti, S.Pd., selaku Ketua PKK RT 02 RW 17 Beji Depok. (*)

You may also read!

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Klinik Pasar Tugu Layani Kesehatan Pasien

CEK KESEHATAN : Petugas medis klinik Pasar Tugu, Widia sedang memeriksa kesehatan salah satu pasien

Read More...

Beli Sate, Gratis Nasi Goreng

Sate Blora Cirebon cabang Depok kini sudah bisa dinikmati, pengunjung bisa datang ke Jalan Margonda,

Read More...

Mobile Sliding Menu