Kali Seng Kering, jadi Sarang Nyamuk

In Satelit Depok
KERING : Kali Seng yang berlokasi di Jalan Swadaya VII, RT06/12, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas kering. Ditumbuhi tanaman liar dan menjadi sumber penyakit. FOTO : ADIT/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Sudah beberapa tahun ini, Kali Seng di lingkungan RT06/12, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas kering. Bekas saluran air, kini sudah ditumbuhi tanaman liar. Warga pun mengeluh. Imbas dari keringnya Kali Seng, beragam penyakit muncul.

Untuk diketahui, keringnya Kali Seng bukan disebabkan karena musim kemarau. Namun lebih kepada ada proses kesalahan pembangunan turap. Jadi dulu, saat air masih mengalir, terjadi longsor pada dinding salah satu titik kali.

Longsoran kemudian diturap. Hal ini yang kemudian ditenggarai menjadi penyebab masalah. Karena pasaca diturap, justru aliran air berhenti.

“Solusinya, Kali Seng mesti dikeruk. Lalu proyek pengerjaan turap yang belum tuntas, harus segera dirampungkan,” terang Ketua RW12, Kelurahan Pancoranmas, Joko Adi Prasetyo kepada Radar Depok, Rabu (11/9).

Joko menambahkan, saat musim hujan, biasanya air Kali Tanah baru meluap dan masuknya ke Jalan Swadaya VII. Airnya pun menggenang di Kali Seng.

“Keruh dan menimbulkan bibit penyakit seperti sarang nyamuk,” ucapnya.

Lebih lanjut, Joko menuturkan, tahun 2017, Kali Seng sudah mendapat bantuan dana sebesar Rp1,7 miliar untuk pembangunan turap. Lalu, pada 2018, mendapat bantuan lagi sekitar Rp200 juta dari anggota dewan.

“Saya dan warga RW12 menginginkan agar Kali Seng ini secepatnya kembali mengalir. Dan sepanjang Kali Seng ini akan kami buat jadi lokasi wisata lokal,” tegasnya.

Salah seorang warga sekitar, Maimunah bercerita, sekitar lima sampai delapan tahun lalu, Kali Seng memiliki air yang jenih.

“Namun sekarang malah menjadi sarang penyakit. Karena air di Kali Seng ini tidak mengalir lagi,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Adit

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Klinik Pasar Tugu Layani Kesehatan Pasien

CEK KESEHATAN : Petugas medis klinik Pasar Tugu, Widia sedang memeriksa kesehatan salah satu pasien

Read More...

Beli Sate, Gratis Nasi Goreng

Sate Blora Cirebon cabang Depok kini sudah bisa dinikmati, pengunjung bisa datang ke Jalan Margonda,

Read More...

Mobile Sliding Menu