Jaga Kebersihan, Pedagang Pasar Koja Sepakati Iuran

In Metropolis
KLARIFIKASI : Ketua RT 04/04 Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Iwan (kiri) di dampingi petugas keamanan RT (kanan) saat memberikan klarifikasi terkait iuran keamanan dan kebersihan di Pasar Koja. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Keberadaan Pasar Koja di Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis sudah ada sejak tahun 1955. Tak heran pasar yang ada di sebelah pasar Cisalak ini masih bertahan hingga sekarang.

Sayangnya pemerintah tidak mau mengelola pasar Koja, kebersihan dan keamanan menjadi tanggung jawab warga. Ketua RT 04/04 Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggis, Iwan mengaku, pihaknya telah melakukan kesepakatan antara pedagang pasar, terkait pemberlakuan iuran kebersihan dan keamanan.

“Kami telah melakukan kesepakatan dengan warga terkait masalah uang iuran kebersihan sebesar Rp2.000 dan keamanan Rp2.000,” kata Iwan kepada Radar Depok.

Iuran tersebut menurutnya sudah ada sebelum dirinya menjabat sebagai ketua RT. “Iuran tersebut berdasarkan kesepakatan antara warga dengan ketua RT,” kata Iwan.

Untuk menjaga kawasan Pasar Koja, mau tidak mau ketua RT melibatkan sebelas orang petugas keamanan, dengan lima pesapon.

“Pemerintah tidak mau tanggung jawab, begitu pula pihak UPT Pasar, sehingga masalah sampah di kawasan Pasar Koja menjadi tanggung jawab pengurus RT. Maka kami membuat kesepakatan dengan pedagang,” kata Iwan.

Selain itu lanjut Iwan, berdasarkan data yang dimiliki ketua RT sejak 2016, di Pasar Koja yang masuk dalam Lingkungan RT04/04 Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis terdapat 243 pedagang aktif.

Iwan menjelaskan petugas keamanan tidak digaji oleh pemerintah, sehingga ketua RT mencari solusi dengan menerapkan iuran di Pasar Koja yang masuk di lingkungannya.

“Kami hanya menerapkan iuran kebersihan dan keamanan, terkait biaya lapak, diluar tanggung jawab kami, itu mereka menyewa langsung dengan pemilik lahan,” katanya.

Iwan menegaskan tidak pernah mengundang dan menyuruh pedagang untuk berjualan di lingkungannya. “Kalau mau ada kebijakan merapikan pasar silahkan, saya tidak menentang,” tukas Iwan. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ICW Curiga Reivisi UU KPK, Karena 23 Anggota DPR Jadi Tersangka

Ketua DPR Setya Novanto harus mendekam di penjara karena kasus korupsi yang menjerat dirinya. Selain

Read More...

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Klinik Pasar Tugu Layani Kesehatan Pasien

CEK KESEHATAN : Petugas medis klinik Pasar Tugu, Widia sedang memeriksa kesehatan salah satu pasien

Read More...

Mobile Sliding Menu