Geliat KWT Khadizah 06 Ratujaya

In Satelit Depok
SALING DUKUNG : Ketua RW06 Ratujaya Sarbini (kemeja panjang merah) saat foto bersama dengan warganya yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Khadijah 06, di lahan kosong RT 02/06 Gang Gandaria I, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

 

Lahan kosong yang berada dalam kawasan RW06 Kelurahan Ratujaya kini menjadi incaran Ketua RW 06 Sarbini bersama KWT Khadizah 06 untuk digarap sejumlah sayur-mayur serta buah-buahan demi menggali potensi kaum hawa.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM, – Ketua RW06 Sarbinih mengatakan kini lahan kosong di RT02 sudah berhasil mereka peroleh dengan ditanami dua pohon alpukat mentega dan dua buah pohon jambu biji yang sudah hampir satu bulan berlangsung.

“Sekarang saya dan ibu ketua KWT sedang mengusahaka lahan yang ada di RT lain, seperti RT 01,” ungkap Sarbini

Meski lahan kosong tak berpenghuni belum dapat dieksekusi, Sarbini tetap angkat jempol untuk KWT Khadijah 06, sebab semangat mereka kata Sarbini terus terpacu dengan menjadikan pekarangan rumah mereka sebaga lahannya.

“Sekarang pekarangan jadi lahan, kaya di lapangan lingkungan di RW sini yang pinggirannya ditanami sawi hijau dan pakcoy dengan dipagari bamboo biar nggak rusak,” jelasnya kepada Radar Depok.

Ketua KWT Khadijah 06, Rodiah mengatakan hingga kini anggotanya sudah menembus angka 30 yang datang dari berbagai lingkungan yang bernaung di RW 06. Semua dengan masing-masing RT sudah menanam minimal di pekarangan rumah.

“Alhamdulilah ibu-ibu terus bertambah dan makin semangat, sekarang mereka sudah mampu menanam sendiri di pekarangan rumah mereka,” tambah Rodiah.

Menurut Rodiah, hasil panen hanya sebuah bonus dari apa hasil usaha yang dilakukan ibu-ibu. Tapi, tujuan utama dirinya bersama dengan Ketua RW memberi manfaat untuk bertani agar punya peranan penting bagi keluarganya maupun wilayahnya.

“Kita terus kembangkan pengetahuan soal bertani, beberapa hari lalu kami ddatang ke museum pertanian di bogor untuk menggali kemampuan KWT,” pungkasnya.

Sejauh ini, sejumlah sayuran sudah secara silih berganti di panen serta ditanam kembali dengan jenis sayuran yang berbeda. Cabe rawit, cabe merah, sawi hijau, kangkung, pakcoy, bawang merah dan putih berhasil mereka panen. Hasilnya dilimpahkan untuk bahan baku KWT Khadijah yang memproduksi berbagai produk karya sendiri. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Klinik Pasar Tugu Layani Kesehatan Pasien

CEK KESEHATAN : Petugas medis klinik Pasar Tugu, Widia sedang memeriksa kesehatan salah satu pasien

Read More...

Beli Sate, Gratis Nasi Goreng

Sate Blora Cirebon cabang Depok kini sudah bisa dinikmati, pengunjung bisa datang ke Jalan Margonda,

Read More...

Mobile Sliding Menu