FKDS Fokus Tujuh Tatanan Kesehatan

In Metropolis
PERILAKU HIDUP BERSIH : Sejumlah murid mencuci tangan di SDN Depok Jaya 1, Kecamatan Pancoranmas. Pemerintah Kota Depok terus berupaya mensosialisasikan PHBS kepada masyarakat. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Selama ini prestasi Kota Depok seperti beranjak naik, hal tersebut diupayakan terus oleh Forum Kota Depok Sehat (FKDS). Jika berkesinambungan bukan tidak mungkin FKDS Kota Depok mendatapkan peringkat pertama, di tingkat Jabar 2019.

Sebelumnya pada 2017, Kota Depok meraih sudah mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda. Mulai 2013 hingga 2015 Kota Depok meraih Padapa, pada 2017 kita raih Wiwerda.

“Mudah-mudahan pada 2019 dengan persiapan yang sudah kita lakukan mampu mengantarkan Kota Depok meraih Wistara yakni Kota Sehat,” ujar Ketua FKDS, Elly Farida kepada Harian Radar Depok, Senin (16/9).

Terdapat tujuh tatanan yang menjadi fokus Kota Depok, dari sembilan yang sudah ditetapkan sebagai penilaian. “Hanya tujuh tatanan yang kita ajukan dari sembilan tatanan yang ada, karena dua tatatan yang lain yaitu kawasan pertambangan sehat dan hutan sehat kita tidak punya,” katanya.

Kriteria yang ditetapkan antara lain, kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Untuk menghadapi penilaian verifikasi Kota Sehat 2019 pihaknya fokus pada penetapan indikator tatanan dan kegiatan, termasuk dokumen pendukungnya. Hal ini dibutuhkan kerja sama seluruh elemen, baik yang di Perangkat Daerah (PD), FKDS, FKKS, Pokja Kota Sehat, kecamatan, sampai kelurahan.

Tentunya semua ini tidak lepas dari sinergitas seluruh pihak terkait. Mudah-mudahan dengan dukungan dari berbagai pihak yang dapat membantu Pemkot Depok, dalam mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Sehat. “Ini sesuai dengan salah satu program unggulannya yakni Smart Healthy City atau Depok Kota Sehat,” harapnya. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu