Boponter Deklarasi Jaga Situ Citayam

In Satelit Depok
SEPAKAT : Ketua LPM Boponter Afrizal disaksikan Lurah Boponter Suryana Yusup bersama dengan warga saat deklarasi menjaga dan merawat keberlangsungan Situ Citayam, di permukiman sekitar Situ Citayam Kelurahan Boponter, Cipayung, Jumat (20/9). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Saat melakukan kerja bakti, seluruh lapisan warga Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Cipayung mendeklarasikan untuk menjaga kebersihan serta kelestarian Situ Citayam, Jumat (20/9)

Adapun poin deklarasi yang dibacakan, yakni akan melakukan pemilahan sampah, tidak membuang sampah sembarang di area Situ Citayam, melakukan penghijauan, serta jadikan situ sebagai daya resapan dan wisata.

Lurah Boponter Suryana Yusup yang hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik apa yang dilakukan Ketua LPM Kelurahan Boponter Afrizal dan warganya. Bahkan, ia akan mendorong langkah visioner itu.

“Dukungan pasti mengalir untuk mereka, saya selaku pemangku wilayah sangat mendukung. Pelestarian situ memang wajib dikelola warga sekitar,” jelas Suryana saat diwawancara Radar Depok

Dalam kegiatan tersebut, disepakati juga yang dihadiri seluruh warga sekitar Situ Citayam untuk tidak membakar sampah serta menjadikan area ternak. Suryana melanjutkan, selain penyakit, kualitas yang dihasilkan lingkungan juga akan berdampak pada anak cucu.

“Terutama kualitas air tanah, yang menjadi kehidupan setiap orang. Jadi sudah sepatutnya meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan sekitar, terlebih keberlangsungan situ,” ungkapnya.

Ia sebagai pemangku wilayah Boponter bersama dengan aspek lainnya akan siap membantu dalam merawat serta menjaga.

Sementara, Ketua LPM Afrizal mengatakan, sinergitas antara pemerintah, LPM dan warga  berjalan dengan baik, terutama dalam memantau langsung ke lapangan dan menjaga komitmen bersama.

Menurutnya, untuk menjaga tujuan dan komitmen yang dideklarasikan saaty ini memang perlu ketulusan, keikhlasan dan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup bagi anak cucu kedepannya.

“Harus jadi pemicu masyarakat dalam menjadi garda terdepan soal kebersihan, keamanan dan lain sebagainya, yang bertujuan untuk kenyamanan warga,”  katanya.

Setidaknya ada enam RW yang sepakat mendeklarasikan menjaga dan merawat keberlangsungan Situ Citayam, yakni RW07, 08, 09, 10, 11 dan RW12. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu