Web Imigrasi Kota Depok Diretas Riau Cyber Security

In Metropolis
MEMBUAT PASPOR : Warga saat melakukan tahap pendaftaran untuk mengurus pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok, Grand Depok City. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pelayanan Kantor Imigrasi sempat lumpuh, akibat hacker yang coba meretas jaringan internet milik Kantor Imigrasi Depok. Akibatnya pelayanan di kantor imigrasi Kota Depok tidak dapat beroperasi Senin (19/8) sejak pukul 13:30 sampai 18:00 WIB.

Humas Imigrasi Kota Depok, Rima Wulandari mengatakan, penyebab sistem layanan imigrasi terganggu akibat diretas orang tidak bertanggungjawab. “Ada peretas yang mencoba mengganggu sistem layanan Imigrasi, orangnya belum diketahui. Tapi petugas IT kami sudah bisa menangani,” kata Rima kepada Radar Depok, Selasa (20/08).

Dia mengatakan, akibat kejadian tersebut imigrasi tidak dapat masuk ke website lokal imigrasi Kota Depok. “Masalahnya password yang kami gunakan untuk masuk diretas oleh hacker,” ujarnya.

Meski begitu, menurutnya pelayanan di Kantor Imigrasi Kota Depok tidak terkendala akibat peretasan tersebut. “Secara teknis, pelayanan tidak ada yang terkendala, bisa berjalan seperti biasa. Mungkin yang jadi kendala pemohon mencari info, misalkan terkait persyaratan,” beber Rima.

Menurutnya berdasarkan pantauan peretas menamakan dirinya sebagai Riau Cyber Security. Mereka mengganti laman muka dengan tulisan berwarna putih dengan latar belakang hitam dan lambang burung garuda.

Si peretas pun tampak menuliskan pesan ikut merayakan HUT RI ke-74. Adapun laman resmi Kantor Imigrasi Kota Depok sudah berjalan normal sejak sekitar pukul 18.00 kemarin. “Mereka sudah melakukan aksinya sebanyak tiga kali,” tandas Rima.  (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Selain Naikan Harga Cukai, 3 Langkah Ini Juga Bisa Jadi Menekan Jumlah Perokok

ILUSTRASI   JAKARTA - Adanya kenaikan cukai rokok sebesar 23 persen oleh pemerintah, dimaksudkan yang menjadi sasarannya adalah

Read More...

ICW Curiga Reivisi UU KPK, Karena 23 Anggota DPR Jadi Tersangka

Ketua DPR Setya Novanto harus mendekam di penjara karena kasus korupsi yang menjerat dirinya. Selain

Read More...

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Mobile Sliding Menu