Sukamaju Miliki 14 RW Ramah Anak

In Satelit Depok
BERMAIN : Seorang ibu tengah mengajak buah hatinya bermain papan perosotan yang terdapat di salah satu fasos fasum di Kota Depok. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CILODONG – Wujud nyata mendukung dan menyukseskan  Kota Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA), Kelurahan Sukamaju, Cilodong, terus membentuk RW Ramah Anak. Bahkan, saat ini, kelurahan yang dipimpin Nurhadi sudah membentuk 14 RW Ramah Anak di wilayahnya.

Kepada Radar Depok, Lurah Sukamaju, Nurhadi mengaku bersyukur dan mengapresiasi jajarannya serta stakeholder terkait, lantaran telah membentuk hampir separuh RW dari total 29 kelurahan yang ada di Kelurahan Sukamaju.

“Alhamdulillah, hingga sekarang RW Ramah Anak telah terbentuk di 14 RW. Tinggal 15 RW lagi yang rencananya akan dibentuk di tahun ini,” tutur Nurhadi.

Mantan Sekkel Cimpaeun, Kecamatan Tapos ini mengungkapkan, untuk mengupayakan pembentukan RW Ramah Anak lainnya, pihaknya gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui ketua RT/RW atau dalam kegiatan-kegiatan di masyarakat. Sebab, menurutnya dalam pembentukan RW Ramah Anak membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Selain itu, kita rencananya akan menghibahkan berbagai alat permainan ke seluruh RW untuk mendorong terbentuknya RW Ramah Anak di setiap RW,” ujarnya.

Menurut Nurhadi, pembentukan RW Ramah Anak sebagai salah satu bentuk pemenuhan hak anak karena terdapat lima indikator dalam pembentukannya. Pertama, pemenuhan hak sipil dan kebebasan. Kedua, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Ketiga, kesehatan dan kesejahteraan dasar. Keempat, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya. Kelima, perlindungan khusus.

“Kami harapkan dengan terbentuknya RW Ramah Anak juga dapat meminimalisir berbagai kasus-kasus terhadap anak seperti kekerasan dan eksploitasi terhadap anak. Jika ada kekerasan terhadap anak, kita harapkan masyarakat segera melaporkan,” ucap Nurhadi. (rd)

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

170 Ribu RT/RW dan Jumantik dapat Tiket Gratis ke Ancol

ILUSTRASI : Pantai Ancol. FOTO : JAWA POS   JAKARTA - Sebanyak 170 petugas RT/RW dan Juru

Read More...

1.500 Orang Ikut Jalan Santai Kelurahan Duren Mekar

SEMARAK : Camat Bojongsari, Dede Hidayat membuka peserta jalan santai di depan kantor Kelurahan Duren

Read More...

Truk Habel Over Kapasitas Terguling di Cilodong

BERLEBIH : Sebuah truk warna hiju bermuatan habel yang over kapasitas terguling di Jalan Abdul

Read More...

Mobile Sliding Menu