Risma Berkans Hijrah ke Jakarta

In Politika
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua kiri) saat melantik Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDI Perjuangan Tri Rismaharini (kiri). FOTO : JAWA POS

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Perhelatan Pilkada Gubernur DKI Jakarta pada 2022, yang dikabarkannya akan diramaikan dengan kedatangan Tri Rismaharini, mendapatkan respon positif dari beberapa pengamat. Dimana, sekarang ini Walikota Surabaya tersebut akan habis masa tugasnya di Surabaya pada 2020.

Menurut Pengamat Politik Lingkar Madani (Lima), Ray Rangkuti, kedatangan Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan tersebut dalam bursa DKI 2022, sangat positif. Dimana kedatangan Risma tentunya akan menjadi ancaman kuat bagi Anies Baswedan, yang diperkirakan akan menjadi petahana.

“(Risma) lumayan sih menurut saya. Itu bisa jadi saingan kuat Anies Baswedan,” ujar Ray.

Selain itu, Ray menilai Anies saat ini tak kunjung terangkat elektabilitasnya. Hal itu dipengaruhi dengan munculnya kritik untuk Anies karena menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di pulau reklamasi. Apalagi di Jakarta juga masih kuat pemilih Basuka Tjahaja Purnama (Ahok). Sehingga peluang sosok baru terpilih di DKI masih terbuka.

“Kalau kemarin (pilkada 2017) dia (Anies) dapat 54-58 persen suara, jadi dugaan saya turun ke 50, jadi ada kans unuk orang baru naik,” imbuhnya.

Ray berpendapat, popularitas yang didapat selama menjadi Walikota Surabaya sudah cukup kuat untuk Risma maju di pilkada DKI.

Keunggulan lain Risma yaitu dia merupakan sosok perempuan. Selama ini, DKI Jakarta tidak pernah dipimpin oleh seorang perempuan. Dengan demikian, isu perempuan bisa menjadi daya jual sendiri kepada pemilih. “Kalau bisa terjadi kan kali pertama dalam sejarah DKI dipimpin perempuan. Oleh karena itu, heroismenya akan kuat,” jelas Ray.

“Sangat mungkin. sangat potensial justru. Risma menarik bagi kelas menengah kan, dengan nama besar di Surabaya,” tegasnya. (jwp/rd)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Selain Naikan Harga Cukai, 3 Langkah Ini Juga Bisa Jadi Menekan Jumlah Perokok

ILUSTRASI   JAKARTA - Adanya kenaikan cukai rokok sebesar 23 persen oleh pemerintah, dimaksudkan yang menjadi sasarannya adalah

Read More...

ICW Curiga Reivisi UU KPK, Karena 23 Anggota DPR Jadi Tersangka

Ketua DPR Setya Novanto harus mendekam di penjara karena kasus korupsi yang menjerat dirinya. Selain

Read More...

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Mobile Sliding Menu