PSSI Tetap Minta Kongres 2 November Meski Ditolak FIFA

In all sport, olahraga

 

JAKARTA – Keinginan PSSI untuk menggelar kongres pada November 2019 sudah ditolak oleh FIFA, bahkan surat resminya pun telah dikirim beberapa pekan lalu. Tetapi, PSSI tetap bersikukuh meminta FIFA untuk menganulir penolakan tersebut.

Sebagaimana diketahui, kongres tahunan pada awalnya akan digelar tahun depan. Tetapi, pada Kongres Luar Biasa pada 27 Juli 2019, diputuskan bahwa kongres tahunan dipercepat pada 2 November 2019.

Setelah itu, hasil keputusan tersebut diberitahukan ke FIFA. Federasi sepak bola dunia itu pun mempertanyakan adanya keputusan memajukan jadwal kongres tahunan. Setelah itu, pada tanggal 7 Agustus yang isinya menolak dan meminta penjelasan tentang jadwal tersebut ke PSSI.

Surat itu langsung direspons PSSI. Anggota Exco PSSI Gusti Randa mengatakan, federasi langsung menggelar rapat exco setelah menerima surat dari FIFA tersebut.

’Kami sudah meminta percepatan. Tapi, saya belum tahu surat permintaan itu sudah dikirim atau belum,’’ tuturnya.

Gusti menuturkan, alasan PSSI keukeuh ingin kongres tersebut digelar pada 2 November 2019, agar  jika kongres digelar lebih cepat, konflik yang timbul akan minim.

Gusti menjelaskan, sebenarnya voters terbagi tiga suara mengenai jadwal kongres itu. Ada yang setuju digelar pada November, dan ada yang sepakat sesuai jadwal pada Januari. Sisanya cuek dan ikut saja keputusan yang ditetapkan PSSI.

’’Kalau ribut, kasihan pembangunan sepak bola yang masih berjalan. Ini lagi bagus-bagusnya, jangan sampai ada yang tercederai,’’ ungkapnya.

Anggota exco lainnya, Refrizal, sependapat dengan Gusti Randa. Dia menjelaskan bahwa PSSI sudah sangat serius untuk menggelar kongres tahunan. Sebab, saat itu bakal dipilih ketua umum baru PSSI.

’’Kami tidak ingin dianggap main-main. Kami memohon percepatan itu disetujui FIFA,’’ katanya.

Di luar itu, Refrizal menuturkan bahwa PSSI akan tetap mengikuti saran FIFA. Artinya, jika surat permintaan untuk digelar pada 2 November ditolak, pihaknya tetap mengikuti instruksi yang diberikan.

’’Saat ini kami menunggu FIFA lagi. Tapi, kami ingin November agar tidak dianggap main-main lagi mengenai kongres pemilihan ketua umum,’’ ucapnya.

Sementara itu, Budiman Dalimunthe, anggota komite pemilihan, menegaskan pihaknya menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada PSSI. Sebab, itu merupakan ranah federasi. Tetapi, yang jelas, pihaknya sudah siap menjalankan fase-fase pemilihan.

“Kami sebenarnya juga dalam rangka menunggu korespondensi PSSI ke FIFA,’’ katanya.

Sekjen PSSI Ratu Tisha angkat bicara mengenai keinginan PSSI untuk mempercepat kongres tahunan tersebut. Dia menyatakan, dalam waktu dekat, PSSI akan memutuskan tanggal pelaksanaan kongres tahunan untuk memilih ketua umum baru tersebut.

’’Kapan pun itu, intinya, program PSSI yang sudah ditetapkan harus tetap berjalan. Kami tidak ingin mengecewakan para partner,’’ ujarnya. (jwp/rd)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ulang tahun dian didaktika 2

Unjuk Bakat dan Kemampuan di Milad ke-36 Yayasan Dian Didaktika

KOMPAK : Flashmob dari guru-guru jadi penampilan pertama dalam perayaan Milad ke-36 Yayasan Dian Didaktika,

Read More...
pensi SMK Sari Farma

Go Season SMK Sari Farma Meriah

PERTUNJUKAN : Siswa SMK Sari Farma menunjukan kemampuan pencak silatnya dalam kegiatan Go Season, Sabtu

Read More...
gedung baru SDN Cinangka 2

Sarpras SDN Cinangka 2 Semakin Lengkap

BERSYKUR : SDN Cinangka 2 mengadakan syukuran telah selesainya pembangunan RKB dan pelepasan guru purnabakti,

Read More...

Mobile Sliding Menu