Priyanti : Idul Adha Bukan Hanya Rangkaian Serimonial

In Politika
MEMBANTU : Ketua Harian DPC Partai Gerindra Kota Depok, Jamaludin bersama Ketua PAC Partai Gerindra Cipayung, Priyanti Susilawati saat membantu pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Kantor DPC Partai Gerindra Kota Depok, di Ruko Arcade, Jalan Boulevard GDC, Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, Minggu (11/8). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ketua PAC Partai Gerindra Cipayung, Priyanti Susilawati memaknai Idul Adha kurban bukan hanya rangkaian seremonial, tetapi ibadah yang sarat dengan hikmah, nilai-nilai spiritual, sosial dan kemanusiaan.

“Bukan sekedar serimonial saja. Ada makna dan pelajaran yang positif untuk meningkatkan hubungan dengan Allah dan sesama manusia,” tutur Priyanti kepada Radar Depok.

Menurut Priyanti yang juga Caleg terpilih DPRD Kota Depok Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari, Cipayung) ini, pada Perayaan Idul Adha, banyak hikmah yang terkandung  di dalamnya.

“Hikmah dapat diraih dengan memahami secara mendalam, melakukan rekonstruksi historis dan interpretasi kontekstual perjalanan hidup Nabi Ibrahim AS dan keluarganya,” paparnya.

Kemudian, ditela’ah dari nilai sosial dan kemanusiaan, sambung adik kandung Pradi Supriatna ini menjelaskan, kurban mengajarkan pada kita untuk bersikap dermawan, tidak tamak, rakus, serakah, dan kikir.

“Kurban mendidik kita untuk peduli dan mengasah sikap sosial. Sebab seseorang tidak pantas kenyang dan kaya sendirian sementara banyak tetangganya, masyarakat di sekitarnya, bahkan di negerinya yang sangat membutuhkan bantuan dan uluran tangan,” terangnya.

Secara simbolis, Priyanti menambahkan, kurban mendidik untuk membunuh sifat-sifat tercela sebagaimana disampaikan di atas. Di antara sifat-sifat tercela yang harus kita kubur yaitu sikap mau menang sendiri, egois, berbuat sesuatu atas nama nafsu, dan lain-lain

“Hal ini menyadarkan kita betapa mulia sifat Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Bahkan, hewan kurban yang akan disembelih pun harus diperlakukan dengan penuh kasih sayang. Karena itulah, perbuatan semena-mena, keji, kejam, dan munkar sangat dilarang oleh Islam,” katanya.

Untuk itu, ia bersyukur masih diberikan nikmat sehat untuk merayakan Idul Adha. Priyanti berharap agar momen tersebut dapat membangun solidaritas dan kepedulian, serta meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

“Saya atas nama pribadi dan PAC Partai Gerindra Cipayung mengucapkan selamat Idul Adha 1440 Hijriah kepada seluruh umat muslim,” ucap Priyanti. (cky) 

You may also read!

renovasi rumah cagar budaya KOOD Tapos

KOOD Tapos Akan Renovasi Situs Budaya

AGENDA : Rumah yang akan direnovasi oleh KOOD Kecamatan Tapos dan akan menjadikannya sebagai cagar

Read More...
artikel FKM UI pengmas

Pengembangan Sistem Database Online Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerja UMKM di Desa Gunung Sari, Kecamatan Citeureup

  Oleh : Mahasiswa Departemen K3 FKM UI Research Assistant  Department Occupational Health and Safety Faculty of Public Health Universitas Indonesia   SESUAI dengan renstra Universitas

Read More...
Artikel desa tarikolot pengmas ui

Mahasiswa FKM UI Kembangkan SiUMKM Berbasis Data untuk UMKM di Kecamatan Citeureup

  Oleh : Muhammad Fitrah Habibullah Undergraduate Student of Occupational Health and Safety Major Faculty of Public Health Universitas Indonesia   SEBAGAI salah satu perwujudan

Read More...

Mobile Sliding Menu