PKPU 15 Tahun 2019 Akhirnya Terbit

In Politika

 

SOSIALISASI : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna (kiri) saat menyosialisasikan surat suara untuk Pemilu serentak 2019 di Kota Depok. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – KPU Kota Depok bersyukur Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pilkada 2020 telah diterbitkan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna saat dijumpai Radar Depok di ruang kerjanya di Kantor Sekretariat KPU Kota Depok, Jalan Kartini Raya, Nomor 19 Kelurahan Depok, Pancoranmas, Rabu (21/8).

“Tentunya menyikapi ini, kami sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat Kota Depok yang 2020 mendatang akan melaksanakan Pilkada, bersyukur peraturan yang ditunggu-tunggu telah diterbitkan,” kata Nana kepada Radar Depok.

Ia mengungkapkan, berdasarkan arahan dari Ketua KPU Arief Budiman. Seluruh pihak yang terlibat dalam proses tersebut mempelajari, mencermati, kemudian menjalankan sesuai dengan tahapannya tepat waktu.

“Penyelenggara Pemilu di daerah, dalam hal ini termasuk Kota Depok, juga diminta dan wajib untuk mengetahui detail PKPU tersebut. Sebab, di dalam PKPU itu terdapat tahapan awal mulai dari penyusunan program, kegiatan, hingga anggaran,” ungkapnya.

Untuk itu, Nana berharap agar semua stakholder dan masyarakat di Kota Depok dapat mengetahui dan mempedomani isi PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pilkada 2020 tersebut.

“Para peserta Pilkada, baik partai, Paslon yang diusung partai maupun Paslon dari jalur independen juga diminta untuk memahami isi PKPU dengan baik. Pun untuk kepolisian untuk memperkirakan waktu pengamanan bila terjadi potensi konflik, kemudian bagi pemerintah daerah, karena PKPU penting untuk naskah perjanjian hibah daerah (NPHD),” ujarnya.

Selain itu, kata Nana, peserta Pilkada juga dimohon untuk memperhatikan dengan seksama, terkait jadwal pendaftaran calon, kampanye, pemutakhiran data pemilih dan seluruh tahapan yang tertuang dalam PKPU tersebut.

“Jangan sampai pas jadwal pencalonan berakhir, besoknya baru daftar, kan tidak bisa. Karena itu, kami meminta agar hal ini harus benar-benar diperhatikan dan diikuti dengan baik seluruh tahapan,” pungkasnya.

Nana menambahkan, PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal Pilkada 2020 diundangkan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) pada tanggal 9 Agustus 2019. PKPU ini juga telah dapat diakses melalui Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), di situs KPU.

“Sudah bisa dilihat dan diunduh di situs KPU. Jadi, tanggal pencoblosan jangan lupa, 23 September 2020 kita pilih Pemimpin Kota Depok,” ucapnya dengan semangat. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

 

You may also read!

Selain Naikan Harga Cukai, 3 Langkah Ini Juga Bisa Jadi Menekan Jumlah Perokok

ILUSTRASI   JAKARTA - Adanya kenaikan cukai rokok sebesar 23 persen oleh pemerintah, dimaksudkan yang menjadi sasarannya adalah

Read More...

ICW Curiga Reivisi UU KPK, Karena 23 Anggota DPR Jadi Tersangka

Ketua DPR Setya Novanto harus mendekam di penjara karena kasus korupsi yang menjerat dirinya. Selain

Read More...

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Mobile Sliding Menu