Pemilu 2019, Bawaslu Pantau 1.335 Kampanye

In Politika
POTONG TUMPENG : Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini bersama Sekda Kota Depok Hardiono, Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna, serta jajaran komisioner menggelar tasyakuran ulang tahun perdana Bawaslu Kota Depok, Kamis (15/8). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Bawaslu Kota Depok mau menjadikan perayaan ulang tahun perdananya, 15 Agustus, sebagai momen refleksi perjalanan untuk mengawasi dua momentum penting politik di tahun 2018 dan 2019.

“Evaluasi kinerja akan menjadi bekal perjalanan selanjutnya menyambut Pilkada Kota Depok 2020. Dan Komitmen peningkatan kinerja menjadi bara api untuk menjadikan Bawaslu Kota Depok lebih baik lagi,” tutur Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini kepada Radar Depok, Kamis (15/8).

Ia menjelaskan, perjalanan Bawaslu Kota Depok dalam satu tahun belakangan, melewati dua momentum perhelatan politik : Pilgub 2018 dan Pemilu 2019. “Tentu bukanlah perjalanan yang mudah. Peluh lelah terus disingkirkan, demi mengawasi jalannya Pemilu dalam upaya menciptakan Pemilu yang berkualitas,” papar Luli.

Sebagai pengawal demokrasi, Bawaslu Kota Depok berupaya maksimal dalam setiap pengawasan tahapan Pemilu dengan menghadirkan inovasi yang menyesuaikan era digital.

Seperti, aplikasi Si Pitung (Sistem Pengawasan Pungut Hitung) dan aplikasi pelaporan online (Form A Online dan laporan dugaan pelanggaran kampanye media sosial).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bila pada Pemilu 2019 lalu, terdapat 24 temuan pelanggaran yang ditangani. Empat diantaranya terjadi pada tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara yang telah tuntas disidangkan Bawaslu Kota Depok melalui Sidang Penanganan Pelanggaran Administratif.

Selain itu terdapat empat laporan dari warga masyarakat yang diterima sebagai dugaan pelanggaran. Bawaslu Kota Depok juga menuntaskan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu yang diajukan oleh PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia) pada tahapan pencalonan tentang Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Depok pada Pemilihan Umum Tahun 2019.

Total 1.335 giat kampanye peserta Pemilu 2019 yang telah diawasi dan tersebar di 11 kecamatan. Untuk mengawasi jalannya seluruh tahapan Pemilu, Bawaslu Kota Depok menjalin kemitraan strategis dengan 10 Lembaga Pemantau Pemilu di Kota Depok yang aktif mengawasi jalannya Pemilu 2019.

“Serta stakeholder lain yang berpartisipasi aktif bersama-sama Bawaslu Kota Depok seperti Ormas Muhamadiyah dan Nahdlatul Ulama, serta elemen mahasiswa,” ucapnya.

Sekda Kota Depok, Hardiono, mengucapkan selamat kepada Bawaslu Kota Depok. Ia berharap usulan gedung kantor sekretariat Bawaslu bisa dianggarkan pada 2020, termasuk dengan KPU Kota Depok.

“Insya Allah kedepannya semakin baik. Di 2020 kita juga akan menggelar Pilkada, persiapan pun harus lebih baik. Sebab, ini internal Depok, disorot provinsi maupun nasional,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Piala Bergilir Mochammad Yana Aditya antar Provinsi se-Jawa Siap Digulirkan

      Oleh: Supartono JW*) Pengamat Pendidikan Sepak Bola Nasional   Festival Sepak Bola antar Provinsi se-Jawa, Piala Bergilir Mochammad Yana Aditya U-8, U-10,

Read More...

Dapat Bisikan Misterius, Painah Loncat dari Jembatan Juanda Depok

BUNUH DIRI : Paniah yang mencoba bunuh diri dengan melompat dari jembatan di Jalan Juanda,

Read More...

Ratusan Pesilat Adu Jurus di Cimanggis Cup

BERTANDING : Dua orang pesilat sedang bertarung di Gelanggang A pada Kejuaraan Silat Cimanggis Cup

Read More...

Mobile Sliding Menu