Pedagang Merokok di Pasar Cisalak, Kota Depok Dihadiahi Tipiring

In Metropolis
TERJARING : Enam pedagang di UPT Pasar Cisalak terjaring razia karena merokok di dalam are pasar yang berlokasi di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Selasa (20/8). FOTO : SANI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota Depok tidak main-main dalam menegakan Perda Kota Depok No3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Setelah bulan lalu mendatangi Pondok Pesantren, sekarang giliran UPT Pasar Cisalak yang jadi lokasi inspeksi mendadak (sidak). Hasilnya, enam pedagang yang sedang asyik merokok di dalam area pasar, terjaring Selasa (20/8).

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, Tri Wahyuningsih mengemukakan, enam pedagang yang sedang asyik merokok di dalam Pasar Cisalak tersebut langsung dikenakan sanksi tindak pidana ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Depok.

“Sidak yang dibarengi dengan tipiring ini baru pertama kali kami lakukan, supaya ada efek jera dan tidak mengulangi perbuatannya lagi merokok di tempat umum,” kata Tri kepada Radar Depok, usai sidak di UPT Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis.

Ke-enam pegadang yang terjaring razia ini, lanjut Tri, disebabkan karena minimnya pengetahuan tentang Perda KTR dan lokasi-lokasi yang tidak diperbolehkan untuk merokok, salah satunya pasar.

“Setelah dikenakan sanksi berupa tipiring, enam perokok dan seluruh pedagang diedukasi tentang bahaya merokok beserta kawasan yang dilarang agar tertib terhadap Perda KTR,” jelas Tri.

Di lokasi yang sama, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Depok, May Haryanti menerangkan, pihaknya sudah menempelkan imbauan-imbauan promosi kesehatan di area pasar untuk bahan edukasi. Namun nyatanya masih ada yang tidak patuh terhadap imbauan tersebut.

“Diharapkan melalui sosialisasi ini tidak ada lagi yang merokok di area KTR baik pedagang dan pengunjung pasar juga menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” terang May.

Sebanyak 35 petugas Satpol PP Kota Depok dibantu petugas Puskesmas wilayah Cimanggis, kepolisian, dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dalam sidak kemarin. Sesuai Perda No. 3 Tahun 2014 Tentang KTR, ada tujuh kawasan yang dilarang untuk merokok. Di antaranya, empat umum, tempat ibadah, sarana pendidikan, tempat kerja, tempat pelayanan kesehatan, arena kegiatan anak, dan kendaraan angkutan umum.

Kepala UPT Pasar Cisalak, Sutisna menyambut baik adanya sidak penegakan Perda KTR di wilayah kerjanya. Hasil temuan enam pedagang yang kedapatan merokok dapat menjadi pembelajaran untuk pedagang lainnya agar tidak merokok lagi di area pasar.

“Kami akan terus mengimbau kepada pedagang, dengan begini sekaligus mendorong pasar cisalak menjadi pasar yang sehat di Kota Depok,” pungkas Sutisna. (san)

 

Jurnalis : Nur Aprida Sani

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Selain Naikan Harga Cukai, 3 Langkah Ini Juga Bisa Jadi Menekan Jumlah Perokok

ILUSTRASI   JAKARTA - Adanya kenaikan cukai rokok sebesar 23 persen oleh pemerintah, dimaksudkan yang menjadi sasarannya adalah

Read More...

ICW Curiga Reivisi UU KPK, Karena 23 Anggota DPR Jadi Tersangka

Ketua DPR Setya Novanto harus mendekam di penjara karena kasus korupsi yang menjerat dirinya. Selain

Read More...

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Mobile Sliding Menu