Meraih Shalat Khusyu

In Ruang Publik
Ust. Zaimul Haq, M.Ag (Anggota JQH NU Depok)

Bagi sebagian umat Islam, shalat adalah menjadi hal yang biasa dilakukan setiap hari, dan sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Tetapi karena saking biasanya, sebagian kita kurang memperhatikan terkait hal-hal yang harus diperhatikan agar shalat kita mencapai tingkatan khusyuk.

Mengutip pendapat Habib Umar bin alhafidz, bahwa beliau menyampaikan cara khusyu dalam shalat akan tercapai jika memenuhi enam syarat, yaitu:

Pertama, Hudurul Qolb, Hadirnya hati. hadirnya hati harus di latih terus-menerus, bila hati kemana-mana paksa untuk kembali lagi, Insya Allah, hati akan terbiasa hudhur.

Kedua, Tafahhumul Ma’ani. Memahami arti atas apa yang kita katakan dan kita sedang lakukan.

Ketiga, Al ijlal watta’dzhim. Adanya rasa mengagungkan dan memulyakan kepada Allah SWT. Terkadang kita hadir hati, mengetahui arti, tapi tanpa pengagungan hal ini seperti seseorang yang memahami perkataan anak kecil yaitu tidak terlalu menghiraukannya.

Keempat, Al ijlal watta’dzhim ma’al Haibah. Hendaknya rasa memulyakan dan pengagungan tadi di iringi dengan rasa haibah (kewibawaan). Haibah: Rasa takut yang timbul karena rasa mengagungkan. Takut sholat kita tidak di terima oleh Allah.

Kelima, ar-Roja’. Kuatnya harapan bahwa sholat kita di terima oleh Allah juga menjadi sebab dekatnya kita pada Allah serta mengharapkan mendapat balasan yang agung.

Keenam, Haya’. Adanya rasa malu bahwasannya kita tidak menunaikan hak Allah dengan semestinya.

Kemudian Habib Umar mengatakan: “Jika enam kriteria ini terdapat padamu, maka Sholatmu bisa di katakan sholat yang khusyu’.” Mudah-mudahan Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjadikan kita termasuk orang-orang yang khusyu’ dalam sholat. Aamiin yaa Allah. (gun)

 

Oleh: Ust. Zaimul Haq, M.Ag

(Anggota JQH NU Depok)

You may also read!

Gagal Nyolong Motor Aldi Diikat di Tiang Bojongsari

BONYOK : Aldi Andrean (20) babak belur saat ketahuan mencuri sepeda motor diwilayah Kelurahan Curug,

Read More...

Festival Pelung Indonesia untuk Pertahankan Kelestarian Budaya di Depok

PERTAHANKAN : Kyai Syarif Rahmad bersama Kapolsek Sawangan, Kompol Suprasetyo dan peserta Festival Pelung Indonesia

Read More...

Nonton Film Ayu Anak Surga Sosialisasikan PPK

PENJELASAN : Produser Film Ayu Anak Titipan Surga, Bagus Haryanto saat menjelaskan soal nonton bersama

Read More...

Mobile Sliding Menu