Ketua RW Pemain Timnas Perempuan : Segudang Prestasi Diraih di Lingkungan

In Metropolis
BERSANDING : Henny Kuncorowati (paling kiri) berdiri tepat samping Walikota Depok Muhammad Idris saat lomba gapura perayaan kemerdekaan tahun 2019, di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Depok. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

 

Haus akan prestasi memang selalu meliputi jiwa Henny Kuncorowati. Bahkan, hingga usia senjanya dia terus berkontribusi bagi sekitarnya, menjabat Ketua RT dan berlanjut ke RW dirinya menyumbangkan kerja nyata bagi warganya.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM – Menggantungkan sarung tangan kiper Timnas sekitar tahun 90’an dan sudah memiliki satu anak David Bagus Kuncoro. Henny hijrah ke Kota Depok sekitar tahun 2000-an. Dan membangun hidup bersama suami tercinta Herryanto. Dia mulai merambah menjadi ketua lingkungan.

Karakternya yang ulet, gigih, serta vokal membuat warga RW29 memilih dirinya ketua lingkungan semenjak 2014 hingga kini. Terbukti segudang prestasi dipersembahkan Henny.

“Bukan piala yang berkesan buat hidup saya, melainkan merubah Taman Manggis saat itu yang sering dilanda banjir menjadi terbebas dari banjir. Itu yang paling bermafaat untuk semua orang bukan cuma warga saya,” paparnya sambil menikmati masakan padang tepat disebelah Taman Manggis, siang itu.

Bukan tanpa kerja keras membebaskan lingkungannya dari banjir. Sejumlah terobosan dilakukan, tentunya atas campur tangan dinas-dinas yang memiliki bagian, seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) serta Dinas BMSDA saat itu, yang kini berubah nama menjadi Dinas PUPR.

Dia membeberkan, bahwa yang dirinya lakukan melarang membuang sampah di saluran air, membuat tanggul kali jantung dengan bantuan dinas, sampai menutup saluran air agar warga tidak sembrono melempar sampah ke selokan.

“Tapi yang terus dilakuin sampai sekarang menanam pohon baik hias maupun buah, selain bisa menyerap air untuk menahan banjir, hasilnya juga bisa dimanfaatkan,” tegasnya yang saat itu menggunakan baju lengan panjang berwarna coklat.

Beberapa torehan RW29 dibawah ke pemimpinan Henny selama tiga periode, Juara 1 Kebersihan Tingkat Kecamatan, Juara 1 balita sehat Tingkat Kelurahan, Juara 1 lomba masak tingkat Kelurahan, serta juara 3 lomba masak tingkat walikota mewakili Kecamatan Cilodong.

 

PRESTASI : Henny Kuncorowati saat menggondol piala juara 2 lomba gapura perayaan kemerdekaan tahun 2019 di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Depok. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

 

Meski banyak ‘pemain’ di aspek kemasyarakatan tetap membuat dirinya tak gentar, dengan kepala dongak ke atas. Dia menegaskan tak ada masalah sebab dirinya di back up warga yang dengan tulus mendorong dirinya dalam menciptakan lingkungan idaman.

“Apapun kalau tujuannya untuk kepentingan umum, pasti Ridho Allah menyertai kita, buktinya aku berhasil menyabet sejumlah prestasi untuk lingkungan ku bersama dengan warga ku,” ketusnya.

Menjadi sosok penggerak atau pelopor memang telah mendarah daging dalam jiwanya, seakan dirinya ingin memberi tahu kepada seluruh warga. Trutama kepada ketua lingkungan yang dihuni para pria kalau lingkungan, yang dinahkodai perempuan tak semata-mata tak dapat berbuat banyak.

Usai menyantap nasi padang, Henny mengusai perbincangan seraya berkata “Kerja keras tak akan mengkhianati hasil, itu saya terapkan semenjak kecil hingga kini,” terangnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

95 Preman Dilepas, Tujuh Ditahan Polrestro Depok

TANGKAP : Sebanyak 102 orang yang diduga terlibat tindak pidana perjudian hingga aksi premanisme jalanan,

Read More...

Jalan Margonda Butuh JPO Baru

HARUS DITAMBAH : Warga melintas di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Margonda Raya, kemarin.

Read More...

BPJAMSOSTEK Apresiasi Kejari Depok

PENGHARGAAN : Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Depok, Indra Iswanto menyerahkan SKK Kejaksaan

Read More...

Mobile Sliding Menu