Kali Baru Citayam jadi Tempat Sampah

In Satelit Depok
NYAMPAH : Lokasi kali sepanjang Jalan Citayam Raya yang dipenuhi sampah, tepat di sebelah Gang Ceplik, Kelurahan Ratu Jaya, Cipayung, Selasa (13/8). FOTO : ARNET/RADARDEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Kondisi di Kali Baru memprihatinkan, pasalnya, kali yang melintasi Kelurahan Pondok Jaya hingga Kelurahan Ratujaya Kecamatan Cipayung di Jalan Raya Citayam tersebut menjadi tempat sampah bagi oknum warga. Yang terparah, berada di dekat Gang Ceplik, Kelurahan Ratu Jaya. Selasa (13/8)

Salah satu warga Gang Mandor Samin, Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung, Eko Yulianto mengatakan, sejak ia menetap di Citayam hampir tiga tahun, ia belum pernah melihat upaya dari Dinas terkait membersihkan sampah di sepanjang kali ini.

“Nggak pernah ada bang, kalau ada sudah bersih. Dari saya tinggal sampe saya jualan disini belum ada yang bersihin kali,” ungkapnya saat ditanya Radar Depok.

Ia  melanjutkan, oknum pembuangan sampah berasal dari warga dan pengendara yang melintas. Tetapi, tidak sedikit juga sampah kiriman dari wilayah Cibinong maupun Bogor, hal tersebut yang membuat sampah makin hari kian menumpuk.

“Semua juga tau kok siapa pelakunya, warga sini juga. Sampah kiriman juga banyak bang,” ucap Eko.

Terpisah, Ketua LPM Kelurahan Ratujaya, Hidayat menampik jika Pemkot Depok membiarkan kondisi penumpukan sampah di kali tersebut. Sebab, sudah sering Satgas turun ke lokasi mulai dari Ratujaya, Bojong Pondok Terong (Boponter) hingga Citayam. Namun sampah kiriman yang sulit diatasi.

“Sekarang sampah-sampah itu sudah mengendap jadi harus dikeruk pakai alat berat, nah cara turuninnya yang harus dipikirkan dengan matang,” beber Dayat sapaan akrabnya.

Pria yang aktif sebagai pegiat lingkungan ini menjelaskan bahwa yang sudah akut dengan sampah bukan hanya di kali baru sepanjang Jalan Raya Citaya, melainkan sungai, kali, bahkan saluran irigasi sudah mengalami fase yang sama.

“Permasalahan masyarakat semuanya sama, ini pentingnya edukasi yang massif serta komitmen yang tinggi untuk menyeleaikan masalah sampah, karena ini soal pola pikir dan gaya hidup bermasyarakat,” ucap Dayat. (arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya

 

You may also read!

renovasi rumah cagar budaya KOOD Tapos

KOOD Tapos Akan Renovasi Situs Budaya

AGENDA : Rumah yang akan direnovasi oleh KOOD Kecamatan Tapos dan akan menjadikannya sebagai cagar

Read More...
artikel FKM UI pengmas

Pengembangan Sistem Database Online Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerja UMKM di Desa Gunung Sari, Kecamatan Citeureup

  Oleh : Mahasiswa Departemen K3 FKM UI Research Assistant  Department Occupational Health and Safety Faculty of Public Health Universitas Indonesia   SESUAI dengan renstra Universitas

Read More...
Artikel desa tarikolot pengmas ui

Mahasiswa FKM UI Kembangkan SiUMKM Berbasis Data untuk UMKM di Kecamatan Citeureup

  Oleh : Muhammad Fitrah Habibullah Undergraduate Student of Occupational Health and Safety Major Faculty of Public Health Universitas Indonesia   SEBAGAI salah satu perwujudan

Read More...

Mobile Sliding Menu