Giat Lurah Abu di Luar Kantor

In Satelit Depok

 

PANEN BAUNG : Lurah Tugu, Abdul Mutolib sedang menunjukan ikan baung hasil tangkapan pemancing di Sungai Ciliwung yang melintas di wilayah Kelurahan Tugu, Cimanggis. FOTO: INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Lurah Tugu, Abdul Mutolib mengunjungi Sungai Ciliwung yang berada di wilayahnya. Hal ini biasa dilakukannya untuk meninjau kelestarian alam bahari yang ada di Kelurhan Tugu.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Saat meninjau bangunan Dermaga Sungai Ciliwung yang berlokasi di kawasan Poncol,  Kelapa Dua,  RT 008/ 010 Kelurahan Tugu, Cimanggis ada pemandangan yang cukup menarik di mata Abdul Mutolib. ada beberapa orang yang mencari sedang ikan di Ciliwung dengan menggunakan perahu dari batang pohon pisang.

Abu, sapaanya mengatakan, sampai saat ini ikan yang banyak hidup di Ciliwung adalah ikan baung. Ikan itu memiliki kemiripan dengan ikan lele dan ikan patin. Selain baung, masih banyak jenis ikan lainya yang hidup di perairan Ciliwung.

Abu juga sempat turun menemui pencari ikan dan menanyakan nama dan asal tempat tinggal mereka, yang ternyata orang dari Tanjung Barat dan Condet.

Ajat salah seorang pencari ikan mengatakan, dia dan temen-temennya sering turun ke Ciliwung khususnya di  Poncol Kelapa Dua untuk mendapatkan ikan.

“ Yang sering dan banyak ditangkap ikan baung,” kata Ajat.

Usai menggali informasi dari para pencari ikan itu, Abu naik ke atas untuk berbincang–bincang dengan warga setempat. Salah satu warga yang ditemuinya adalah Nurlela.

Nurlela mengatakan, ikan Baung memang banyak hidup di sungai Ciliwung, sekali-kali warga suka juga memancing atau menjalanya.

Kadang warga di sini juga suka mancing di Ciliwung sebab rasa ikanya enak dan tidak banyak lumpur,” ucap Nurlela.

Abu juga berpesan kepada warga di sana untuk terus menjaga kelestarian Sungai Ciliwung agar seluruh biota air di sana bisa bertambah banyak dan tidak punah.

“Jangan buang sampah ke Ciliwung. Nanti bisa menyebabkan banjir dan ikan-ikan pada mati,” tutupnya. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Piala Bergilir Mochammad Yana Aditya antar Provinsi se-Jawa Siap Digulirkan

      Oleh: Supartono JW*) Pengamat Pendidikan Sepak Bola Nasional   Festival Sepak Bola antar Provinsi se-Jawa, Piala Bergilir Mochammad Yana Aditya U-8, U-10,

Read More...

Dapat Bisikan Misterius, Painah Loncat dari Jembatan Juanda Depok

BUNUH DIRI : Paniah yang mencoba bunuh diri dengan melompat dari jembatan di Jalan Juanda,

Read More...

Ratusan Pesilat Adu Jurus di Cimanggis Cup

BERTANDING : Dua orang pesilat sedang bertarung di Gelanggang A pada Kejuaraan Silat Cimanggis Cup

Read More...

Mobile Sliding Menu