Festival Pelung Indonesia untuk Pertahankan Kelestarian Budaya di Depok

In Satelit Depok
PERTAHANKAN : Kyai Syarif Rahmat bersama Kapolsek Sawangan, Kompol Suprasetyo dan peserta Festival Pelung Indonesia di Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Sabtu (24/8). FOTO : DICKY/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SERUA – Tidak dapat dipungkiri Ayam Pelung merupakan hewan khas Indonesia. Untuk menjaga kelestarian budaya, Pendiri Pondok Pesantren Ummul Qura, KH Syarif Rahmat mengadakan Festival Pelung Indonesia di Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Sabtu (24/8).

Syarif Rahmat mengatakan, ayam Pelung merupakan hewan khas lokal Indonesia yang berasal dari wilayah Cianjur, Jawa Barat. Festival Pelung Indonesia dilaksanakan untuk menjaga dan memelihara tradisi dan budaya Indonesia. Menurutnya Ayam Pelung merupakan kelestarian budaya Indonesia yang memiliki ciri khas dalam suaranya.

“Sekaligus memperingati Kemerdekaan Indonesia,” ujar pria yang kerap mengisi ceramah keagamaan di salah satu televisi swasta Indonesia.

Pria asal Bantul tersebut mengungkapkan, sebanyak 73 peserta dari wilayah Jabodetabek, Pandeglang, Sukabumi, Cianjur, Karawang, dan sejumlah wilayah lainnya ikut meramaikan festival tersebut. Pada Festival Pelung Indonesia, terdapat tiga katagori dalam penilaian, mulai dari suara, bobot, dan penampilan. Ayam pelung merupakan ayam dari hasil persilangan antara ayam kampung dengan ayam kampung super.

Makna dari Festival Ayam Pelung untuk Indonesia yang terjadi beberapa waktu lalu, lanjut Syarif yakni masyarakat tidak dapat akur dalam perbedaan politik, namun dengan suara ayam Pelung masyarakat dapat menyatu yakni dengan hadir pada Festival Ayam Pelung maupun memiliki hobi yang sama. Dengan begitu, ayam Pelung dapat menyatukan masyarakat.

“Bahkan saat terdengar adzan ayam pelung akan berbunyi sebagai isyarat memberikan tanda waktu salat untuk umat Muslim,” tutup Syarif. (rd)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Selain Naikan Harga Cukai, 3 Langkah Ini Juga Bisa Jadi Menekan Jumlah Perokok

ILUSTRASI   JAKARTA - Adanya kenaikan cukai rokok sebesar 23 persen oleh pemerintah, dimaksudkan yang menjadi sasarannya adalah

Read More...

ICW Curiga Reivisi UU KPK, Karena 23 Anggota DPR Jadi Tersangka

Ketua DPR Setya Novanto harus mendekam di penjara karena kasus korupsi yang menjerat dirinya. Selain

Read More...

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Mobile Sliding Menu