Diterjang Cuaca Ekstrem, Jamaah Depok Aman

In internasional, Utama
BAIK-BAIK SAJA: Kondisi jamaah haji asal Kota Depok Kloter 19 di tanah suci, kemarin (13/8). FOTO : KEMENAG FOR RADAR DEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM – Kondisi cuaca ekstrem di Mina yang banyak diinfokan melalui media sosial, tidak berdampak buruk kepada jamaah haji asal Kota Depok. Hal itu disampaikan Koordinator Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Depok, Fauzan.

Diketahui, jamaah haji Kota Depok terdiri dari Kloter 11, 19, 63, 77, dan 96. Fauzan menyebutkan, tanah suci Makkah sempat diguyur hujan. Berdasarkan laporan yang masuk ke Kemenag Depok, kondisi di jalan raya depan tenda salah satu kloter jamaah haji Depok sempat digenangi air yang meluap.

“Air hujannya mengguyur kemah di Mina, tapi banjirnya hanya di jalan raya saja. Alhamdulillah air gak masuk tenda, begitu hujan reda air langsung surut,” ungkap Fauzan kepada Radar Depok, Selasa (13/8).

Pascakondisi tersebut, sebagian jamaah haji asal Depok sudah kembali ke hotel masing-masing di Makkah. Kemudian para jamaah menyelesaikan rangkaian haji, yaitu Tawaf Ifadhoh dan Sa’i. Sementara sebagian jamaah lainnya masih menyelesaikan Nafar Tsani. “Seluruh kloter dalam kondisi aman, untuk Kloter 96 dimajukan ke Kloter 74,” terang Fauzan.

Meski begitu, Fauzan mengingatkan, keluarga jamaah haji di tanah air tidak mudah panik saat mendengar kondisi cuaca buruk di tanah suci melalui media sosial. Karena secara umum, kondisi jamaah haji dalam keadaan baik. Sedangkan bagi jamaah haji tetap selalu memperhatikan kondisi saat melaksanakan ibadah haji. “Untuk persiapan kepulangan jamaah nantinya akan dibahas saat rapat koordinasi. Masih kami siapkan,” tegas Fauzan.

Terpisah, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Amirul Hajj ini mengakui memang hujan terjadi, hanya saja situasi dan kondisi Mina tetap kondusif.  “Mina alhamdulillah aman terkendali. Kemarin memang sempat hujan deras,” kata dia, Selasa (13/8).

“Ada beberapa tenda di maktab yang mati lampu karena difa’ madani meminta itu untuk alasan keamanan. Tapi semua sudah kembali normal sejak semalam,” kata dia.

Pada hari ini, dia juga melanjutkan, sudah jamaah haji Indonesia yang kembali ke Makkah. “Jamaah nafar awal hari ini sudah mulai kembali ke hotel di Makkah,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Satuan Operasional Armuzna Jaetul Muchlis menerangkan, beberapa maktab memang disarankan untuk ditutup hingga Magrib selama masih hujan. “Karena jalan licin disamping masih hujan tidak bagus untuk kesehatan,” jelas dia.

Dia menjelaskan, yang terjadi bukan penumpukan, tetapi jalan tersendat dan menjadi menyempit karena air bandang setinggi di atas mata kaki, tidak lebih dari 15 cm yang menutup separuh jalan masuk terowongan pada satu sisi saja.

“Air lewat saja bukan genangan dan hanya sekejap tidak lebih dari 20 menit. Jadi tidak ada penumpukan jamaah yang signifikan dan relatif tertib karena kesigapan petugas kita dan Arab Saudi yang mengarahkan dan menginfokan,” tambahnya.(rd)

 

Jamaah Haji Kota Depok di Kloter 11.

 

Jamaah Haji Kota Depok di Kloter 63.

 

Jamaah Haji Kota Depok di Kloter 77.

 

 

Editor : Pebri Mulya / M Agung HR

You may also read!

Maulid Nabi Muhammad SAW di SDN Depok Jaya 1

970 Siswa SDN Depok Jaya 1 Ikut Rayakan Maulid Nabi

KEAGAMAAN : Ustadzah Lulu Susanti sedang menyampaikan tausiahnya  yang menghibur dalam kegiatan Maulid Nabi Muhamad

Read More...
perayaan natal TK Tirtamarta BPK Penabur Cinere

Keberanian Yusuf di Natal TK Tirtamarta BPK Penabur Cinere

IBADAH : Pendeta Tumpal Tobing sedang mengajak anak, orang tua, dan guru untuk berdoa dalam

Read More...

Ujian Nasional Diganti Sistem Penilaian Berbobot Penalaran

SERIUS : Sejumlah siswa saat mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri

Read More...

Mobile Sliding Menu