Damkar Cipayung Penyegaran Pengetahuan

In Satelit Depok

 

MEMANTAU : Kepala Seksi Operasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan UPT Cipayung Kota Depok, Tesy Haryati saat memantau personil yang sedang melakukan materi tali-temali di di Kantor UPT Cipayung, Jalan Baru TPA RT 06/05, Kelurahan/Kecamatan Cipayung. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Sebanyak 30 personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan UPT Cipayung Kota Depok mendapatkan penyegaran, yakni berupa pelatihan tali-temali serta penyelamatan di tempat terbatas dan kedalaman (confine space).

Pelatihan dipimpin langsung Kepala Seksi Operasi,Tesy Haryati di Kantor UPT Cipayung, Jalan Baru TPA RT 06/05, Kelurahan Cipayung/Cipayung, Depok.

Tesy mengatakan, ini hal yang paling dasar untuk dikuasai setiap personel dalam pertolongan dan penyelamatan. Prinsip tali temali ini menggunakan tambang dengan pembuatan simpul yang kuat. Namun, juga mudah di lepas.

“Karena kita harus kerja cepat. Sebenarnya ini sudah harus mereka kuasai, jadi sekarang untuk melakukan penyegaran agar mereka tidak lupa saat melakukan penyelamatan,” kata Tesy kepada Radar Depok di Kantor UPT Cipayung.

Lebih jauh, Tesy menjelaskan confine space ini penting ketika personel harus mengevakuasi di ruang masuk dan keluar yang terbatas, tidak untuk dihuni manusia. Di mana ruangan tersebut memiliki atmosfir yang mengandung tingkat pencemaran berbahaya, atau kekurangan oksigen.

“Di sini diperlukan personil yang terlatih dengan baik. Sebab, ini juga berbahaya untuk personel serta mempunyai pengetahuan yang luas tentang ruang terbatas untuk melakukan evakuasi. Contoh kecilnya penyelamatan ketika di sumur,” paparnya.

Sementara, personil damkar senior Sahlani menuturkan, menyegaran materi-materi seputar pemadaman dan penyelamatan memang harus kami lakukan, jadi setiap ada petugas yang baru, dirinya bersama dengan para petinggi UPT Cipayung melakukan hal ini.

“Saya sampai sekarang juga masih suka ikut dan memperhatikan, karena penting untuk kita ingat lagi. Semakin kita ingat, Insyaallah kita menguasai saat di lapangan. Mental juga semakin terbangun,” tukas personel yang pernah bertugas di UPT Sawangan. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Dapat Bisikan Misterius, Painah Loncat dari Jembatan Juanda Depok

BUNUH DIRI : Paniah yang mencoba bunuh diri dengan melompat dari jembatan di Jalan Juanda,

Read More...

Ratusan Pesilat Adu Jurus di Cimanggis Cup

BERTANDING : Dua orang pesilat sedang bertarung di Gelanggang A pada Kejuaraan Silat Cimanggis Cup

Read More...

2020 sampai 5 Tahun Kedepan Ada Formula E di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengendarai sepeda di konvoi mobil listrik di Bundaran Hotel Indonesia,

Read More...

Mobile Sliding Menu