Berziarah ke Makam Ibnu Abbas

In Utama

 

Laporan: HM. Badruddin Ali

(TPIHI Kloter 63 JKS)

 

Melanjutkan rangkaian ziarah di Kota Makkah, Jamaah Kloter 63 JKS Kota Depok, pada Ahad (25/8) berziarah ke Makam Ibnu Abbas di Kota Thaif.

Thaif saat ini menjadi salah satu daerah pertanian terpenting di Arab Saudi. Lokasinya terletak sekitar 100 kilometer arah tenggara Kota Makkah. Meski berjarak tak terlalu jauh, daerah itu memiliki iklim yang berbeda dengan Makkah. Hal ini karena Thaif dataran yang berada di ketinggian sampai 1.500 meter di atas permukaan laut.

Untuk menuju lokasi, ada angkutan bus Saptco dan taksi liar. Mereka memasang tarif 15 riyal dari Makkah. Sedangkan dari Jeddah, tarif bus agak lebih mahal yaitu 20 riyal. Namun begitu, mereka yang berkunjung ke sana mayoritas menggunakan mobil pribadi. Di beberapa sudut jalan, pengunjung menghabiskan waktunya dalam suasana kekeluargaan yang diiringi acara makan-makan sambil menikmati kesejukan alam Thaif.

Layaknya puncak di Bogor, Jawa Barat, jalur menuju Thaif pun demikian. Kelokan demi kelokan serta jalan tanjakan mewarnai sepanjang perjalanan. Keindahan liukan jalan itu akan terlihat dari ketinggian yang membentuk seperti huruf S.

Di samping jalan itu, terhampar jurang-jurang cadas serta gunung-gunung yang dihiasi rerumputan di beberapa bagiannya hingga terlihat begitu menawan. Di tambah cuaca berkabut, membuat suasananya mirip di Indonesia.

Atmosfer ke-Indonesia-an semakin terasa saat mencapai puncak di Thaif. Di sisi jalan, banyak penjual jagung bakar yang menjajakan dagangannya. Makanan untuk menemani cuaca sejuk ini dapat dibeli dengan harga lima riyal atau Rp18.000 per buah.

Untuk mengisi perut yang kosong, di sepanjang jalan tersedia pula warung-warung makan. Menu yang disajikan pun tak jauh dari khas Arab Saudi di antaranya nasi mandi.

Berziarah ke Makam Ibnu Abbas

Masjid Ibnu Abbas merupakan salah satu peninggalan dari sejarah Islam di kota Thaif. Masjid besar ini dibangun pada 592 H. Dinamakan Ibnu Abbas karena tempatnya di samping makam Ibnu Abbas.

Makam Ibnu Abbas kini terletak di samping tempat salat wanita. Ada juga seorang tokoh besar yang bernama Imam Muhammad bin Al Hanafiyah bin Ali Ibnu Abi Thalib yang juga dimakamkan di situ. Dia putra Sayidina Ali dari istri selain Fatimah.

Abdullah Ibnu Abbas adalah anak dari Abbas bin Abdul Muthalib, paman dari Rasulullah SAW. Ibnu Abbas lahir 619 M. Dia adalah seorang sahabat sekaligus keponakan Rasulullah SAW.

Ibnu Abbas merupakan salah satu sahabat yang berpengetahuan luas. Banyak hadis sahih yang diriwayatkan melalui Ibnu Abbas.

Ia juga menurunkan seluruh Khalifah dengan nama Bani Abbasiyah. Abbasiyah dirujuk pada keturunan dari paman Nabi Muhammad yang termuda, yaitu Abbas bin Abdul Muththalib. (rd)

You may also read!

Selain Naikan Harga Cukai, 3 Langkah Ini Juga Bisa Jadi Menekan Jumlah Perokok

ILUSTRASI   JAKARTA - Adanya kenaikan cukai rokok sebesar 23 persen oleh pemerintah, dimaksudkan yang menjadi sasarannya adalah

Read More...

ICW Curiga Reivisi UU KPK, Karena 23 Anggota DPR Jadi Tersangka

Ketua DPR Setya Novanto harus mendekam di penjara karena kasus korupsi yang menjerat dirinya. Selain

Read More...

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Mobile Sliding Menu