Bazar UMKM di Depok Diramaikan WUB

In Metropolis
SEMAKIN DIMINATI: Para pelaku UMKM dari Kecamatan Cimanggis menjajakan hasil produk olahannya pada Bazar UMKM di halaman Dekranasda yang berada di Balaikota Depok, kemarin. FOTO : SANI/RADAR DEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Halaman Dekranasda yang berada di Balaikota Depok ramai oleh bazar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sejak lusa (14/6). Berbeda dengan gelaran produk biasanya, kali ini temanya menyambut HUT Kemerdekaan RI.

Kurang lebih ada 26 stan produk yang terdiri dari makanan, kerajinan tangan, pakaian, hingga minuman kekinian kopi nusantara. Puluhan stan ini merupakan perwakilan dari Wirausaha Baru (WUB) 2019 dari 11 kecamatan.

“Pagelaran produk ini bertujuan supaya masyarakat lebih mengenal produk UMKM khas Depok.  Karena secara mayoritas, mereka tergolong pengusaha baru yang butuh dukungan dari pemerintah terkait pemasaran,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok, Fitriawan kepada Radar Depok.

Dia menjabarkan, para pelaku usaha menjajakan berbagai produk, dari fesyen, kerajinan (craf), dan kuliner. Seperti kain batik khas Depok, ondel-ondel mini, atau olahan kripik singkong.

Agar terkesan tidak monoton, bazar ini juga diramaikan dengan kegiatan lainnya.  Salah satunya workshop membuat kerajinan dari bahan daur ulang (limbah) dan layanan perpanjangan SIM–STNK oleh SAMSAT Kota Depok.

“Untuk worshop, tutornya sendiri dari para pelaku UMKM yang usahanya sudah terbilang mapan dan mandiri. Kami minta mereka berbagi kiat, memanfaatkan barang bekas sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” terang Fitriawan.

Salah satu pelaku UMKM Kopi, Anto mengaku selalu berpartisipasi dalam setiap bazar yang diselenggarakan oleh DKUM. Karena sebagai wadah promosi, melalui bazar omset yang didapat pun juga naik dari biasanya.

“Dengan mengikuti seluruh bazar saya jadi dikenal masyarakat dan semakin luas jejaring konsumennya,” pungkas Anto. (san)

 

Jurnalis : Nur Aprida Sani

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Dapat Bisikan Misterius, Painah Loncat dari Jembatan Juanda Depok

BUNUH DIRI : Paniah yang mencoba bunuh diri dengan melompat dari jembatan di Jalan Juanda,

Read More...

Ratusan Pesilat Adu Jurus di Cimanggis Cup

BERTANDING : Dua orang pesilat sedang bertarung di Gelanggang A pada Kejuaraan Silat Cimanggis Cup

Read More...

2020 sampai 5 Tahun Kedepan Ada Formula E di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengendarai sepeda di konvoi mobil listrik di Bundaran Hotel Indonesia,

Read More...

Mobile Sliding Menu