Ada Api di Kantor Kelurahan Duren Mekar

In Satelit Depok
SOSIALISASIKAN : Suasana penyuluhan Mitigasi Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana di kantor Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Rabu (21/8). FOTO : DICKY/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DURENMEKAR – Sejumlah masyarakat menyaksikan api yang terbakar didalam tong di kantor Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari. Dengan sigap, anggota UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojongsari, melakukan pemadaman. Ditelisik, masyarakat melihat praktik penanggulangan apabila terjadi bencana di kantor kelurahan tersebut, Rabu (21/8).

Kepala UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojongsari, Munadi mengatakan, bahaya dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, salah satunya bahaya kebakaran. Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, pihaknya melaksanakan mitigasi dan manajemen bencana kepada masyarakat Duren Mekar.

“Tidak hanya penyuluhan kami melakukan praktek langsung dengan masyarakat,” ujar Munadi kepada Radar Depok.

Munadi menjelaskan, dalam melakukan mitigasi bencana masyarakat harus menghitung resiko bencana, dampak bahaya, dan kerentanan. Munadi mencontohkan, apabila terjadi kebakaran pada kompor gas, masyarakat dapat melakukan penanganan dengan melepas regulator, menjauhkan tabung gas dari kompor yang terbakar, dan tutup media yang terbakar.

 

 

Tidak hanya itu, lanjut Munadi apabila terjadi kebocoran atau kabakaran pada tabung gas, masyarakat dapat menutupi dengan bahan yang basah, menghindari benda yang mudah terbakar, dan dinginkan dengan cara memercikan air ke tabung yang diselimuti secara terus menerus hingga gas elpiji habis.

“Kebakaran tidak dapat diduga namun dapat dicegah masyarakat,” tutup Munadi. (rd)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Ragam Kompetisi dan Aksi di Glabs Expo 2019

PEMBUKAAN : Global Islamic Labschool (Glabs) Expo 2019 telah dimulai dengan dibuka secara resmi oleh

Read More...

Kecamatan Sawangan Ingatkan Bahaya HIV dan Narkoba Kepada Siswa

INGATKAN : Susana sosialisasi P4GN terkait HIV kepada siswa SMP Islam Darul Irfan, Kecamatan Sawangan,

Read More...

90 Masyarakat Serua Diperiksa Kesehatan

PEDULI : Katar Kelurahan Serua bersama Fakultas Kesehatan UPN Jakarta, usai melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat

Read More...

Mobile Sliding Menu