UPN Veteran Sosialisasikan Bahaya HIV/AIDS

In Metropolis
SOSIALISASI: Dosen Universitas Veteran Jakarta, dr. Ria Maria saat sosialisasi tentang bahaya HIV AIDS, di Kelurahan Gandul, Cinere. Foto : IST FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – HIV/AIDS belum ada obatnya, sehingga pencegahan sangat diperlukan di masyarakat, dengan pola sosialisasi hingga menyentuh lapisan masyarakat. Guna mengantisipasi, dan mengenalkan bahaya HIV AIDS, Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta, kunjungi kelurahan Gandul, Cinere.
Salah satu dosen Universitas Veteran Jakarta, yang juga menjabat sebagai Dosen, dr. Ria Maria mengatakan fenomena HIV/AIDS di Kota Depok seperti gunung es. Karena yang terdata pemerintah tidak sama seperti kenyataannya di Kota Depok.
“Biasanya penderita belum mengetahui kalau dia terkena HIV, karena penderita tidak merasakan apapun hingga akhirnya kondisi badan sudah parah,” kata Ria.
Dia mengatakan dengan sosialisasi yang dilakukan terjun langsung ke masyarakat, agar masyarakat tahu bahaya HIV AIDS. “Kami datang kesini untuk lebih mengenalkan masyarakat, jangan sampai terkena HIV AIDS,” ujar Ria.
Tiga dosen UPN Veteran Jakarta, yaitu dr. Ria Maria, drg. Nunuk Nugrohowati, dan Andri Pramesyanti Pramono. Ketiganya antusias menjawab pertanyaan peserta yang penasaran dengan HIV AIDS.
Sementara itu salah satu peserta, dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok, Eka Suwardi mengatakan sangat mendukung acara serupa. Pasalnya pemahaman terkait HIV dan AIDS merupakan hak setiap warga.
“Saya sangat mendukung, karena selama ini sosialisasi hanya dilakukan di kalangan komunitas, tapi masyarakat umum, seperti ibu-ibu ndan anak-anak jarang sekali dilibatkan,” kata Eka.
Karena siapa saja bisa tertular HIV AIDS, tidak melihat usia, umur, dan jenis kelamin, semua bisa tertular. “Bahkan ada ibu rumah tangga, yang tidak pernah keluar rumah juga bisa kena karena kelakuan suaminya. Sehingga semua perlu di edukasi,” kata Eka. (rub)

You may also read!

renovasi rumah cagar budaya KOOD Tapos

KOOD Tapos Akan Renovasi Situs Budaya

AGENDA : Rumah yang akan direnovasi oleh KOOD Kecamatan Tapos dan akan menjadikannya sebagai cagar

Read More...
artikel FKM UI pengmas

Pengembangan Sistem Database Online Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerja UMKM di Desa Gunung Sari, Kecamatan Citeureup

  Oleh : Mahasiswa Departemen K3 FKM UI Research Assistant  Department Occupational Health and Safety Faculty of Public Health Universitas Indonesia   SESUAI dengan renstra Universitas

Read More...
Artikel desa tarikolot pengmas ui

Mahasiswa FKM UI Kembangkan SiUMKM Berbasis Data untuk UMKM di Kecamatan Citeureup

  Oleh : Muhammad Fitrah Habibullah Undergraduate Student of Occupational Health and Safety Major Faculty of Public Health Universitas Indonesia   SEBAGAI salah satu perwujudan

Read More...

Mobile Sliding Menu