Targetkan Ujian Sekolah Berbasis Komputer

In Pendidikan

Mohamad Thamrin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Memaksimalkan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah, Dinas Pendidikan Kota Depok menginginkan aset komputer dan juga tablet yang dimiliki sekolah, tidak hanya digunakan pada saat Ujian Nasional (UN) saja, tetapi juga bisa digunakan di ujian sekolah lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohamad Thamrin mengatakan, hal ini berlaku untuk jenjang pendidikan SMPN di Kota Depok. Karena, di SMPN di Kota Depok sudah memiliki aset sekolah berupa komputer dan juga tablet. Hal itu terlihat sewaktu dari pelaksanaan Ujian Nasional yang sudah berbasis komputer (UNBK).

“Tentu disayangkan kalau komputer dan tablet di SMPN hanya dimaksimalkan penggunaannya pada saat UN atau Ujian Sekolah (US),” ucapnya.

Oleh karena itu, Thamrin berharap sekolah bisa memanfaatkan fasilitas sekolah tersebut, untuk ujian lainnya di sekolah. Seperti untuk Ujian Tengah Semeter (UTS), Ujian Akhir Semester, atau juga bisa digunakan untuk ulangan harian.

“Ini juga amanat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang informatika dan teknologi bisa dimaksimalkan di tahun 2020. Jadi, dari sekarang sudah dibiasakan di sekolah,” katanya.

Thamrin menjelaskan, tentunya manfaat digunakannya komputer dan tablet dalam UTS, UAS, dan ulangan harian sangat banyak. Selain meningkatkan kompetensi guru dan siswa, juga lebih efisien dalam kinerja guru. Karena, nilanya sudah bisa diketahui secara otomatis, tanpa harus mengoreksi terlebih dahulu.

“Selain itu bermanfaat juga untuk lingkungan, karena mengurangi penggunaan kertas untuk ujian-ujian di sekolah. Sehingga, sekolah bisa lebih efisiensi dalam berbagai hal,” jelasnya. (peb)

You may also read!

16 Kursi di Kabinet dari Partai, Sisanya Belum Diketahui

Presiden Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan mengumumkan nama-nama untuk formasi

Read More...

Presiden Jokowi : Seabad Indonesia Pendapatan Rp27 Juta per Kapita per Bulan

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Rp 27 juta per kapita per bulan, itu menjadi

Read More...

LPM Duren Mekar Ajak Kembangkan Kebudayaan Betawi

BERSAHABAT : Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi (kanan) bersama Cablak diwilayah Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu