Tapos Kembangkan Toga

In Satelit Depok
RAWAT TANAMAN : Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) kantor Kecamatan Tapos sedang menyirami tanaman Toga di halaman belakang kantor kecamatan setempat. Foto : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Kecamatan Tapos terus meningkatkan jumlah varietas tanaman obat keluarga (Toga) yang ada di halaman kantor Kecamatan Tapos. Keberadaan taman Toga di kantor Kecamatan Tapos selalu dijaga mengingat fungsinya yang begitu besar untuk kesehatan.

Kasie Pelayanan Masyarakat Kecamatan Tapos, H. Samiya mengatakan, saat ini tanaman Toga di kantor Kecamatan Tapos sudah berjumlah 50 jenis varietas tumbuhan. Semua tanaman yang ada tersebut memiliki berbagai macam khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit mulai dari sakit perut, masuk angin, magh, hingga tumbuhan yang bisa menyembuhkan penyakit kronis.

“Sudah ada beberapa Toga diantaranya, jahe, kunyit, temulawak, sirih, caliptus, kumis kucing, ekor kucing, antawali dan masih banyak jenis tumbuhan lainya,” ujar mantan Lurah Sukamaju Baru ini.

Ia menjelaskan, untuk menambah jumlah varietas tanaman Toga, pihaknya saat ini sedang menyipkan sebidang lahan di belakang kantor Kecamatan Tapos.

“Saat ini kita lagi membersihkan lahan kosong di belakang, nantinya kita mau nambahin 50 jenis tanaman lagi supaya genap 100 jenis Toga ada di Kecamatan Tapos,” bebernya.

Samiya mengungkapkan, banyak manfaat yang  bisa didapat dengan menanam toga di lingkungan kantor Kecamatan Tapos. Sebab, tumbuhan-tumbuhan tersebut kerap digunakan para pegawai yang sedang kurang enak badan atau sedang terkena sakit batuk ataupun flu.

“Kalau ada yang sedang kurang fit badanya biasanya mengambil tanaman di sini sesuai dengan kebutuhannya untuk dikonsumsi sebagai obat,” ungkapnya.

Untuk itu, ia mengajak warga Tapos untuk menanam Toga di pekarangan rumah agar kesehatan selalu terjaga.

“Daripada mengkonsumsi obat kimia terus menerus lebih baik pakai obat herbal dari Toga, selain murah juga irit lapak bisa ditanam pakai pot,” tutupnya. (dra)

You may also read!

korupsi lahan di depok

Tersangka Korupsi di Depok Bolos Sebulan

LAHAN APARTKOST : Suasana lahan untuk pembangunan Apartkost di kawasan Beji Timur yang kini tersandung

Read More...
PSSI Kota Depok

Benahi Managemen, Mohon Rekomendasi Asprov

URUS : Belum lama management Persikad mendatangi Asosisasi Provinsi (asprov) PSSI Jawa Barat untuk melengkapi

Read More...
ular kobra di bojongsari

AMANKAN : Ketua RW14, Daud Sulaiman bersama pawang ular mengamankan ular kobra di rumah kontrakan

Read More...

Mobile Sliding Menu