Pemerintah Harus Kembalikan Peran Pemuda

In Politika
PENDAMPINGAN : Wakil Ketua Katar Jabar, Imam Budi Hartono mendampingi Katar Abadijaya saat verifikasi lapangan dari Tim Juri Katar Teladan Jabar di Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya, Minggu (21/7). Foto : RICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Budaya barat banyak diadopsi kaum milenial. Sehingga mereka makin jauh dari kehidupan sosial dan budaya asli Indonesia. Untuk itu, Wakil Ketua Katar Jabar, Imam Budi Hartono meminta agar pemerintah mengembalikan peran pemuda lingkungan yang tergabung dalam Katar.

“Pemuda menjadi sebuah kata atau tema yang enak untuk dibahas, tetapi tidak dengan lembaganya yang jelas-jelas ada aturan hukumnya, yaitu Katar,” tutur pria yang akrab disapa IBH ini kepada Radar Depok, Selasa (23/7).

Anggota DPRD Jabar ini melanjutkan, Katar  adalah salah satu lembaga pemuda resmi berdasarkan Permensos no. 77 / 2010. namun, sejak era reformasi, lembaga ini sepertinya sudah ditinggalkan.

“Apalagi sekarang Katar sudah tidak laku lagi dikalangan anak-anak milenial yang lebih suka menjadi youtuber, boyband atau girlband. Pola hidup instan membuat banyak pemuda yang sudah jauh dari kehidupan sosial dan budaya Indonesia,” katanya.

Bahkan, sambung IBH, Dalam Permensos tentang Katar tujuan dibuatnya Katar sepertinya sangat bagus sekali. Selain membangun pemuda yang berkualitas, terampil, cerdas, inovatif, berkarakter. Tapi, pemuda juga harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial.

“Nah disini lah harusnya campur tangan pemerintah untuk mengembalikan peran pemuda lingkungan yang tergabung dalam Katar. Budaya bangsa ini bergotong royong, bertetangga, guyub, saling membantu harus dihidupkan kembali,” ujarnya

Untuk itu, IBH meminta agar Pemkot Depok memfasilitasi pemuda lingkungan, dalam hal ini Katar. Baik prinsip keadilan, amamah permensos 77 / 2010 maupun pemberdayaan pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

“Kalau sudah pemkot turun tangan, wah daya tarik Katar untuk pemuda milenial akan tinggi. Termasuk pengkemasan yang menarik akan menjadi salah satu faktor keberhasilan bangkitnya pemuda lingkungan,” pungkasnya. (cky)

You may also read!

korupsi lahan di depok

Tersangka Korupsi di Depok Bolos Sebulan

LAHAN APARTKOST : Suasana lahan untuk pembangunan Apartkost di kawasan Beji Timur yang kini tersandung

Read More...
PSSI Kota Depok

Benahi Managemen, Mohon Rekomendasi Asprov

URUS : Belum lama management Persikad mendatangi Asosisasi Provinsi (asprov) PSSI Jawa Barat untuk melengkapi

Read More...
ular kobra di bojongsari

AMANKAN : Ketua RW14, Daud Sulaiman bersama pawang ular mengamankan ular kobra di rumah kontrakan

Read More...

Mobile Sliding Menu