Matsama MTsN Depok Bentuk Siswa Disiplin

In Pendidikan
Ratusan peserta didik baru MTs Negeri Depok salat berjamaah di halaman sekolah yang berlokasi di Jalan Kp. Sawah, Jatimulya, Cilodong. Foto : SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Depok telah selesai menggelar pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru Tahun Ajaran 2019-2020. berbeda dengan di sekolah pada umumnya, di MTsN menggunakan istilah Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama).

Wakil Kepala  MTsN Depok Bidang Kesiswaan, S. Syamsudin mengatakan, Matsama seperti pada umumnya yakni bertujuan mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru kelas I. Sekaligus program kegiatan belajar mengajar (KBM) di madrasah.

“Dengan berakhirnya Matsama ini, para peserta didik baru resmi menjadi keluarga besar  MTsN Depok. Mereka akan menaati peraturan dan proses KBM disini selama 3 tahun,” kata Syam kepada Radar Depok, kemarin.

Selama Matsama yang digelar empat hari tersebut merupakan bentuk penanaman pendidikan karakter kepada peserta didik. Termasuk sikap kedisiplinan, kesungguhan dalam belajar, dan akhlak dalam diri masing-masing siswa.

“Kami mengenalkan wawasan wiyatamandala sekaligus visi misi sekolah, pengenalan sistem belajar di sekolah, hingga seluruh kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan ini dapat membentuk pribadi mereka menjadi lebih baik,” paparnya.

Syam menyebut, siswa baru di sekolahnya sebanyak 256 orang. Terbagi dalam delapan rombongan belajar. Di tahun ajaran baru ini juga  MTsN Depok menambah satu ekskul baru, yakni bidang Tahfiz (hafalan AlQuran).

“Kami ingin siswa lulusan  MTsN Depok menjadi Hafiz atau penghafal Alquran, agar kelak di masa depannya sukses dan berakhlakul karimah. Selain itu supaya ada penerus dari siswa kami sebelumnya yang menjadi juara 2 Tahfiz tingkat provinsi Jawa Barat,” pungkas Syam. (san)

You may also read!

renovasi rumah cagar budaya KOOD Tapos

KOOD Tapos Akan Renovasi Situs Budaya

AGENDA : Rumah yang akan direnovasi oleh KOOD Kecamatan Tapos dan akan menjadikannya sebagai cagar

Read More...
artikel FKM UI pengmas

Pengembangan Sistem Database Online Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerja UMKM di Desa Gunung Sari, Kecamatan Citeureup

  Oleh : Mahasiswa Departemen K3 FKM UI Research Assistant  Department Occupational Health and Safety Faculty of Public Health Universitas Indonesia   SESUAI dengan renstra Universitas

Read More...
Artikel desa tarikolot pengmas ui

Mahasiswa FKM UI Kembangkan SiUMKM Berbasis Data untuk UMKM di Kecamatan Citeureup

  Oleh : Muhammad Fitrah Habibullah Undergraduate Student of Occupational Health and Safety Major Faculty of Public Health Universitas Indonesia   SEBAGAI salah satu perwujudan

Read More...

Mobile Sliding Menu