LRT Depok Terkendala Pembebasan Lahan

In Utama

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Memang Depok akan terlintasi Light Rail Transir (LRT), tepatnya di Stasiun Harjamukti, Cimanggis Kota Depok. Sayangnya, LRT Lintasan Cibubur-Cawang ini masih terkendala pembebasan lahan. Khususnya lahan yang dekat dengan depo. Padahal, sudah dipastikan LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) akan melintasi 17 stasiun, sudah beroperasi di 2021.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi soal pembangunan LRT Jabodebek, kemarin. Rapat ini dihadiri perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Luhut mengatakan, rapat tersebut membahas percepatan pembayaran tanah untuk proyek LRT.”Tadi rapat mengenai tanah. Masalah teknis soal tanah kan ada percepatan pembayaran oleh LMAN, oleh kejaksaan aturannya gimana, tadi oleh ATR juga dijelaskan,” katanya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Rabu (10/7/).

Dia mengatakan, pembebasan lahan ini tak ada masalah yang berarti. Luhut hanya menyebut, persoalan teknis di lapangan. Contohnya, dari kepemilikan tanah 1.000 meter yang akan dibayar, ternyata hanya 500 meter atau separuhnya yang dimiliki.

“Ya nggak ada (kendala), contoh saja tadi misalnya ada tanah 1.000 meter, dia tinggal sekian puluh tahun di sana, dan dia sertifikatnya baru katakanlah 500 meter dan sisanya belum, tapi pengakuan. Kalau sudah, itu bisa dibayarkan oleh LMAN. Ada aturan undang-undangnya itu,” ujarnya.

Masih ada beberapa lahan yang belum bebas. Namun, dia bilang, pembebasan lahan hampir rampung. “Kita berharap memang paling lambat itu, ada satu area mungkin mayoritas selesai akhir bulan ini. Satu area itu kita selesaikan mungkin awal Agustus,” ujarnya.

“(Sisa berapa bidang?) Nggak tau berapa, tapi sudah hampir selesai semua sih. Tadi hanya soal pembayaran, LMAN-nya nggak mau disalahkan suatu ketika jangan nanti dianggap apa lagi, sama kejaksaan juga sudah diomongkan,” terangnya.

Sementara, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, terdapat beberapa persoalan yang dihadapi pemerintah di lapangan dalam proses pembebasan lahan.

Misalnya kata Sofyan  tanah warisan keluarga hingga dokumen identitas lahan tersebut masih menjadi masalah.  Dikatakan nya,  lahan untuk kepentingan publik  harus ada dokumen yang jelas karena akan dilakukan verifikasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Kendati demikian, Sofyan mengklaim proses pembebasan lahan saat ini sudah mencapai 70 persen.

Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto mengatakan proses konstruksi LRT Jabedebek keseluruhan baru sebesar 63,12 persen terdiri dari tiga trase.

Ia merinci, proses konstruksi trase Cawang-Cibubur sebesar 82,77 persen, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 52,06 persen, dan Cawang-Bekasi Timur 57,11 persen.

Saat ini pekerjaan akan difokuskan  ke pembebasan lahan terutama tanah di depo saja. Diharapkan LRT Jabedebek seluruh trase bakal beroperasi serempak pada awal 2021 mendatang setelah sebelumnya akan dilakukan uji coba terlebih dahulu pada tahun depan.

LRT Jakarta-Bogor-Depok- Bekasi (Jabodebek) akan melintasi 17 stasiun. Seluruh stasiun itu kini dalam tahap pembangunan. Ketujuh belas stasiun itu akan dibangun di tiga lintasan LRT Jabodebek yakni lintasan Cibubur-Cawang, lintasan Bekasi Timur-Cawang, dan lintasan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas. “Sampai dengan 9 Juli 2019 progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek Tahap I telah mencapai 63,0 persen,” ucap Corporate Secretary PT Adhi Karya (operator LRT Jabodebek) Ki Syahgolang Permata.(JPC/dtk/kom)

You may also read!

16 Kursi di Kabinet dari Partai, Sisanya Belum Diketahui

Presiden Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan mengumumkan nama-nama untuk formasi

Read More...

Presiden Jokowi : Seabad Indonesia Pendapatan Rp27 Juta per Kapita per Bulan

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Rp 27 juta per kapita per bulan, itu menjadi

Read More...

LPM Duren Mekar Ajak Kembangkan Kebudayaan Betawi

BERSAHABAT : Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi (kanan) bersama Cablak diwilayah Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu