Hemat Biaya, Jadi Inspiratif Pokdakan Masyarakat

In Metropolis
TERANGKAN : Agus Asrul Sani menerangkan budidaya ikan air tawar melalui Bioflok di Pokdakan Mina Assamak, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, beberapa waktu lalu. Foto : DICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Budidaya ikan air tawar melalui bioflok memiliki keuntungan untuk masyarakat. Mulai dari segi air, pakan, penggunaan lahan. Pokdakan Mina Assamak ingin masyarakat Kelurahan Cinangka maupun Kota Depok, bisa memanfaatkan keuntungan ekonomi khususnya.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Sambil meminum secangkir kopi, Koordinator Pokdakan Mina Assamak Cinangka, Agus Asrul Sani memberikan arahan kepada anggota Mina Assamak Cinangka dalam pembudidayaan ikan air tawar melalui biflok. Sesekali air dan pakan ikan dikontrol Agus untuk menjaga ikan tetap dalam kondisi normal.

Agus Asrul Sani mengatakan, budidaya ikan air tawar melalui bioflok memiliki banyak keuntungan kepada Pokdakan yang memiliki modal tidak terlalu besar. Selain keuntungan dalam berproduksi, budidaya ikan bioflok memiliki keunggulan yang secara tidak langsung memberikan keuntungan lainnya.

“Saat dijalankan dan dirasakan banyak keunggulan dari pada membudidaya melalui kolam,” ujar Agus.

Pria yang kerap disapa Ustad tersebut menjelaskan, penggunaan sistem bioflok dapat menghemat pakan akibat mikroorganisme yang tumbuh dalam kolam memiliki nutrisi yang tinggi untuk pakan ikan. Limbah tambak seperti kotoran, algae, sisa pakan, dan amonia akan didaur ulang dan menjadikannya makanan alami berprotein tinggi.

Dengan menggunakan sistem bioflok, lanjut Agus Kadar asam (Ph) air kolam cenderung rendah sehingga kandungan zat beracun seperti amonia akan relatif kecil, sehingga akan menjaga kesehatan ikan. Menggunakan sistem bioflok, pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dan seragam, lantaran ketersediaan makanan yang melimpah akan meningkatkan pertumbuhan ikan akan menjadi lebih cepat dan lebih seragam.

“Bahkan ikan kami yang telah dipanen memiliki kualitas yang cukup baik,” ucap Agus.

Agus berharap, metode budidaya ikan air tawar melalui bioflok dapat dilakukan masyarakat untuk peningkatan ekonomi. Agus menilai, budidaya ikan air tawar melalui bioflok merupakan salah satu gerbang pengembangan ekonomi masyarakat. Masyarakat yang memiliki lahan tidak luaspun dapat melekukan budidaya melalui bioflok.

“Alhamdulillah melalui bioflok kami mendapatkan pendapatan ekonomi yang cukup baik,” tutup Agus. (*)

You may also read!

Serunya Ayu Tingting Rayakan HUT RI di Rumah Juanah Sarmili

LOMBA : Ayu Tingting dan Anggota DPRD Kota Depok, Juanah Sarmili melihat Ayah Rojak yang

Read More...

Upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Balaikota Depok

KHIDMAT : Pemerintah Kota Depok melaksanakan Upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Balaikota Depok, Sabtu (17/8). Acara

Read More...

Keseruan Anak-anak Mengikuti Perlombaan HUT ke-74 Republik Indonesia

SERU : Sejumlah anak mengikuti di Lapangan RT01/06, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Sabtu (17/8). Warga di kawasan tersebut

Read More...

Mobile Sliding Menu