Hari Pertama Sekolah ASN Boleh Telat

In Metropolis
ANTAR ANAK SEKOLAH : Orang tua saat mengantar anaknya sekolah di SDN Mekarjaya 31, Kecamatan Sukmajaya. Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Liburan sekolah segera berakhir. Senin (15/7), hari pertama kembali masuk sekolah. Guna mendekatkan anak dengan orangtua, Walikota Depok Mohammad Idris mengeluarkan surat edaran (SE). Isinya, imbauan kepada masyarakat untuk mengantarkan anak ke sekolah, tak terkecuali Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Depok. Itu tertuang dalam Surat Edaran nomor: 420/4412-BKPSDM tentang Hari Pertama Masuk Sekolah per 9 Juli 2019.

Walikota mengatakan, SE ini sehubungan dengan mendukung implementasi Kota Layak Anak (KLA) yang kini tengah diusung Pemkot Depok. Khusus ASN Pemkot Depok mendapat dispensasi waktu untuk mengantar anak ke sekolah hingga pukul 11:00 WIB. Terutama anak yang masih duduk di bangku PAUD/TK, SD, dan kelas VII.

“Iya untuk ASN dapat dispensasi waktu sampai pukul 11:00, setelah mengantar anak ke sekolah kembali ke kantor dan bekerja seperti biasa,” kata Idris kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Idris menuturkan, himbauan ini merupakan bentuk perhatian Pemkot Depok dengan memberi peluang kepada ASN dan orangtua siswa mengantar anak-anak mereka ke sekolah. “Peran orangtua sangat dibutuhkan dalam pendidikan anak, sehingga orangtua perlu mengenal lingkungan dan warga di sekolah tempat anaknya belajar,” tutur Idris.

Terpisah, Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari menjelaskan, imbauan Walikota Depok masuk ke dalam salah satu klaster KLA, yakni lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Bagaimana keluarga dapat membangun komunikasi dengan anak dan guru di sekolah.

Menurut Nessi, tahapan pendidikaan dikatakan berhasil ketika orangtua, anak, dan guru dapat berkomunikasi dengan baik. Sehingga surat imbauan ini bertujuan supaya orangtua juga mengenal lingkungan sekolah anak.

“Peran KLA disini untuk mengajak orangtua menjalin komunikasi yang hangat dengan guru anak mereka di sekolah. Karena tahapan pendidikan itu berhasil berkat komunikasi orangtua, anak, dan sekolah,” tandas Nessi.(san)

You may also read!

16 Kursi di Kabinet dari Partai, Sisanya Belum Diketahui

Presiden Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan mengumumkan nama-nama untuk formasi

Read More...

Presiden Jokowi : Seabad Indonesia Pendapatan Rp27 Juta per Kapita per Bulan

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Rp 27 juta per kapita per bulan, itu menjadi

Read More...

LPM Duren Mekar Ajak Kembangkan Kebudayaan Betawi

BERSAHABAT : Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi (kanan) bersama Cablak diwilayah Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu