Gelombang Satu Haji Depok Tuntas

In Utama
IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemberangkatan jamaah calon haji Kota Depok gelombang pertama telah tuntas. Itu diketahui setelah rombongan jamaah yang masuk Kloter 19 sebanyak 404 jamaah dan enam petugas dilepas oleh Pemkot Depok, di Balaikota Depok, Jumat (12/7) sekitar pukul 01.30.

Sebelumnya, Walikota Depok Mohammad Idris telah melepas jamaah haji pada rombongan Kloter 11 (kloter pertama Kota Depok), di Balaikota Depok, Senin (8/7).

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kota Depok, Hasan Basri menyebutkan, Kloter 19 merupakan kloter yang masuk dalam gelombang pertama pemberangkatan jamaah haji. Dengan rincian 410 jamaah dan enam orang petugas.

“Setelah dilepas, jamaah akan masuk asrama Jumat (12/7) jam 02.05, kemudian ke bandara jam 20.05. Dan akan take off Sabtu (13/7) jam 01.05 waktu Saudi. Lalu kembali ke tanah air 23 Agustus jam 06.50,” ungkap Hasan kepada Radar Depok, kemarin (11/7).

Demi keselamatan dan kenyamanan para jamaah, Kemenag Depok menyarankan agar jamaah tidak membawa barang-barang yang dilarang, berupa senjata tajam ataupun cairan. Selain itu yang perlu diperhatikan lanjut Hasan, pengikat tali koper meski tidak menggunakan tambang, sabuk harus sesuai dengan nama rombongan masing-masing.

“Koper sudah diberangkatkan terlebih dahulu ke asrama. Untuk gelombang pertama akan tiba di Madinah, kemudian ke Mekah,” tutur Hasan.

Terkait jamaah haji Kloter 19 diberangkatkan menggunakan sepuluh bus menuju asrama. Selama 15 jam menunggu sebelum diterbangkan, para jamaah akan diberikan alat kesehatan, pemberian identitas gelang, serta living cost sebesar 1.500 real.

“Kami terus mempersiapkan keberangkatan untuk jamaah gelombang kedua. Mereka akan mulai diberangkatkan pada 25 Juli mendatang,” terang Hasan.

Perlu diketahui, rombongan gelombang kedua terdiri dari Kloter 63 sebanyak 404 jamaah, Kloter 77 ada 404 jamaah, dan Kloter 96 terdapat 77 jamaah. Setiap kloter tentunya akan didampingi oleh enam petugas haji dari berbagai lembaga.

“Maktab yang didapat setiap kloter berbeda-beda, tetapi untuk wilayahnya sama yaitu di Misfalah. Semoga seluruh rangkaian perjalanan ibadah haji Kota Depok berjalan lancar, dan menjadi Haji Mabrur,” harap Hasan.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, Asnawi mengatakan, jamaah Kloter 11 Kota Depok agar meluruskan niatnya untuk beribadah haji. “Mudah-mudahan dapat beribadah dengan baik, dengan melakukan istirahat yang cukup,” kata Asnawi.

Sementara, Walikota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, ada tiga hal yang penting, pertama niat. Niat menjadi faktor energi, karena niatnya menjadi kuat, seperti analogi puasa. “Kalau niatnya kuat, insha Allah akan kuat untuk melakukan ibadah haji,” kata Idris.

Idris juga mengimbau, agar jamaah taat kepada pembimbing, karena ibadah haji akan lancar jika mengikuti pembimbing. “Karena cuaca di Arab Saudi saat ini mencapai 40 derajat celcius,” ujar Idris.

Selain itu, walikota juga menegaskan, untuk menjaga kebersamaan, sesama jamaah haji asal Kota Depok. “Semoga setelah kembali ke Kota Depok, kita akan melihat wajah yang berseri-seri kembali ke Kota Depok,” pungkasnya. (gun/**)

You may also read!

Terima Kasih Masih Setia

RADARDEPOK.COM – Hari ini Harian Radar Depok berusia 9 tahun. Lahir 15 Juli 2010, di Jalan Raya Kartini No13,

Read More...

Ramai-ramai Sedot Air Tanah

RADARDEPOK.COM – Margonda amblas tinggal menunggu waktu. Hiruk pikuk padatnya jantung Kota Depok itu ternyata di dalam permukaan tanahnya,

Read More...

Agustus Pajak Air Tanah Naik

RADARDEPOK.COM – Tingginya penggunaan air tanah membuat Kota Depok berputar otak. 139  badan usaha wajib pajak pengguna air tanah

Read More...

Mobile Sliding Menu