Bojongsari Targetkan Cetak Wirausahawan Baru

In Satelit Depok
PEREKONOMIAN: Kecamatan Bojongsari mengadakan Pelatihan Wirausaha Kecamatan Bojongsari yang bertemakan Muda, Mandiri dan Kreatif dalam Menciptakan Ide Bisnis. Foto : PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, Kecamatan Bojongsari mengadakan Pelatihan Wirausaha Kecamatan Bojongsari. Dalam kegiatan yang diadakan di aula Kantor Kecamatan Bojongsari tersebut, bertemakan Muda, Mandiri dan Kreatif dalam Menciptakan Ide Bisnis.

Kasi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Bojongsari, Muhammad Sahal mengatakan, pelatihan tentang wirausahaan ini tentunya bertujuan untuk bisa memberikan pemahaman tentang berwirausaha, dan memunculkan wirausahawan baru dari kalangan anak muda di Kecamatan Bojongsari.

“Kami tidak hanya mengundang pada wirausahawan, tetapi kami juga mengundang karang taruna,” ucapnya.

Sahal menuturkan, di era globalisasi sekarang ini persaingan di bidang usaha dan bisnis semakin ketat. Jadi, sekarang harus bisa merubah pola pikir tidak hanya menjadi seorang pekerja, tetapi juga bisa menjadi orang yang bisa membuka lapangan pekerjaan atau berwirausaha.

“Semoga materi yang diberikan dalam pelatihan bisa menjadi bekal mereka dimasa depan, dan termotivasi untuk menjadi wirausahawan muda yang kreatif dan inovatif,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Iwapi Kecamatan Bojongsari, Eis Rahmawati yang menjadi pemberi materi dalam kegiatan tersebut menuturkan, wirausaha sejati tidak hanya berdagang atau berjualan, tetapi mereka juga menaikan nilai suatu barang. Sekarang ini SDM di Indonesia sangat berlimpah namun ruang kerja terbatas dan devisa negara juga rendah.

“Oleh karena itu, solusinya adalah menciptakan dan mengembangkan lebih banyak kewirausahaan UKM dan UMKM di Indonesia,” katanya.

Rahma menjelaskan, Ciri-citi jiwa wirausaha dibagi menjadi dua. Pertama adalah yang bersifat mandiri, dengan sifat seperti percaya diri, mampu bekerja sendiri, menguasai keahlian dan ketrampilan tertentu, menghargai waktu, tanggungjawab, dan memiliki jiwa kepemimpinan. Sedangkan yang satunya lagi adalah wirausaha yang bersifat kreatif dan inovatif.

“Sifat wirausaha yang kreatif dan inovatif, yakni memiliki sifat hasrat ingin tahu, terbuka terhadap pengalaman baru, memiliki lebih dari satu solusi alternatif , dapat mengembangkan suatu gagasan dan produk, lalu memiliki sifat berfikir dari berbagai sudut pandang,” terangnya. (peb)

You may also read!

TPU Pedurenan Jadi Lokasi Kebakaran di Harjamukti, Kota Depok

UPAYA : Personil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan saat berusaha memadamkan api yang melahap TPU

Read More...

‘Si Jago Merah’ Bakar Harjamukti

TERBAKAR : Terlihat seorang pengendara motor saat melintas di lokasi kebakaran. Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis,

Read More...

Mobil Remuk Tertimpa Pohon di Universitas Pancasila, Satu Orang Tewas

Mobil hancur karena tertimpa pohon di Universitas Pancasila. FOTO : JAWA POS   JAKARTA - Sebuah mobil

Read More...

Mobile Sliding Menu