Arjuna Sambut Siswa Baru SDIT MU

In Pendidikan
MERIAH: Ratusan peserta didik kelas I mengikuti Orientasi Siswa Baru (Osba) di SDIT Miftahul Ulum, Jalan Musholla At-Taqwa, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kamis (11/7). Foto : SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SD Islam Terpadu Miftahul Ulum (SDIT MU) selalu memiliki cara unik saat menyambut peserta didik baru di tingkat kelas I. Di Tahun Ajaran 2019-2020, para Arjuna tanah air atau tokoh pewayangan tampil memukau di hadapan siswa pada pelaksanaan Orientasi Siswa Baru (Osba) selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis (10-11/7).

Kepala SDIT MU, Dedy Sutanto mengatakan, Dolanan MU atau singkatan dari Idola masa depan di Miftahul Ulum menjadi tema besar dalam Osba tahun ini. Menariknya guru-guru SDIT MU mengenakan pakaian ala tokoh wayang saat menyambut siswa di gerbang sekolah.

“Sivitas SDIT MU kompak mengenakan busana dan berhias punakawan ada gareng, pteruk, dan lainnya sambil menggunakan slempang. Sang arjuna ini sudah menyambut siswa sejak pukul 07:00 pagi,” kata Dedy kepada Radar Depok.

Dolanan MU ini memiliki banyak pelajaran yang dapat dipetik peserta didik. Di antaranya, siswa mengenal budaya di Jawa Tengah, para tokoh pewayangan, sosok idola anak-anak, dan budaya sekolah.

Dedy menjelaskan, di hari pertama Osba, siswa menyaksikan suguhan operet yang diperankan guru-guru tentang sosok idola dengan pemeran utama Arjuna. Sang Arjuna layak menjadi idola karena berani, ksatria, membela yang benar, dan sayang kepada sesama.

“Di akhir cerita kami sampaikan bahwa Arjuna adalah idola anak-anak Indonesia dan Arjuna juga sangat mengidolakan Rasulullah SAW. Oleh karena itu idola kita semua adalah Nabi Muhammad SAW. Seorang Nabi Mulia nan cerdas, jujur, bertanggung jawab, dan rajin membantu sesama,” jelas Dedy.

Sebanyak 116 siswa kelas I mengikuti OSBA selama dua hari. Tidak hanya siswa, tetapi para orangtua juga mendapat ilmu berupa seminar parenting bersama konselor sekolah. Kegiatan OSBA lainnya pengenalan lingkungan sekolah, para guru, sholat duha, baca Alquran, dan lain sebagainya. (san)

You may also read!

Terima Kasih Masih Setia

RADARDEPOK.COM – Hari ini Harian Radar Depok berusia 9 tahun. Lahir 15 Juli 2010, di Jalan Raya Kartini No13,

Read More...

Ramai-ramai Sedot Air Tanah

RADARDEPOK.COM – Margonda amblas tinggal menunggu waktu. Hiruk pikuk padatnya jantung Kota Depok itu ternyata di dalam permukaan tanahnya,

Read More...

Agustus Pajak Air Tanah Naik

RADARDEPOK.COM – Tingginya penggunaan air tanah membuat Kota Depok berputar otak. 139  badan usaha wajib pajak pengguna air tanah

Read More...

Mobile Sliding Menu