SMKN 2 Tiap Harinya 200 Pendaftar

In Pendidikan

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Keberlangsungan hari kedua pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), kemarin di SMKN 2 Depok berlangsung dengan kondusif. Dimana, untuk tiap harinya, SMKN yang berlokasi di Jalan Abdul Wahab, Kecamatan Sawangan membatasi tiap harinya 200 orang pendaftar, dengan mengambil nomor antrean sehari sebelumnya.

Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin mengatakan, pembatasan antrean tersebut agar orang tua tidak terlalu terfokus untuk mendaftar dulu-duluan. Karena, rentan waktunya sepekan (17-22 Juni 2019), dan penyeleksiannya tidak berdasarkan nomor urut pendaftaran, melainkan dari jurnal nilai.

“Orang tua tidak perlu dulu-duluan untuk mendaftar, karena seleksinya tetap sesuai dengan jurnal ataupun teknis tiap jalurnya,” ucapnya kepada Radar Depok.

Tatang menjelaskan, pembatasan pendaftar 200 orang tersebut, juga berkaitan dengan waktu input data siswa secara online di sekolah yang memerlukan waktu tidak sebentar tiap orangnya. Jika pendaftar di hari tersebut lebih dari dua ratus, maka sisanya akan diberikan nomor antrean untuk keesokan harinya.

“Jalur di PPDB tahun ajaran 2019-2020 di SMK, diantaranya jalur prestas non akademik lima persen, jalur nilai UN 70 persen, keluarga tidak mampu dan ABK 20 persen, perpindahan tugas orang tua lima persen,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB SMKN 2 Depok, Sofwan Sayuti menuturkan, di SMKN 2 Depok tahun ini menerima 13 rombongan belajar (rombel) dari enam kompetensi keahlian. Dimana, tiap rombelnya berisikan 36 siswa. Lalu, untuk kompetensi keahlian Tata Boga diberikan kuota tiga rombel, karena menjadi kompetensi keahlian yang paling diminati tiap tahunnya.

“Kompetensi keahlian, diantaranya ada Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Komputer dan Jaringa, Tata Busana, dan Tata Boga,” jelasnya.

Sofwan menuturkan, pada saat proses pendaftaran juga ada tes buta warna untuk calon peserta didik. Hal ini sangat penting, terutama untuk kompetensi keahlian teknik, terutama pada saat pelaksanaan praktik.

“Untuk agenda selama PPDB, yakni ada verifikasi untuk jalur prestasi, dan pemeriksaan fisik seperti tato atau tindikan tanggal 24-26 Juni 2019. Lalu pengumuman tanggal 29 juli 2019. Dan daftar ulang 2 juli 2019. Mulai tahun ajaran baru 15 juli 2019 berbarengan dengan psikotes,” terangnya. (peb)

You may also read!

16 Kursi di Kabinet dari Partai, Sisanya Belum Diketahui

Presiden Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan mengumumkan nama-nama untuk formasi

Read More...

Presiden Jokowi : Seabad Indonesia Pendapatan Rp27 Juta per Kapita per Bulan

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Rp 27 juta per kapita per bulan, itu menjadi

Read More...

LPM Duren Mekar Ajak Kembangkan Kebudayaan Betawi

BERSAHABAT : Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi (kanan) bersama Cablak diwilayah Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu