PKB Bentuk Poros Empat

In Utama

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Menghadapi Pilkada Kota Depok banyak partai yang ingin menunjukkan eksistensinya, dan menunjuk calon sendiri. DPC PKB Kota Depok misalnya. Partai besutan Muhaimin Iskandar ini, bisa mengusung calon sendiri dengan membentuk poros baru bersama partai lain, jika calon yang diajukan tidak sejalan dengan partainya.

Perlu diketahui, berdasarkan hasil Pileg 2019 kemarin, pada pesta demokrasi tingkat Kota Depok yang akan digelar September 2020. Terdapat tiga partai yang bisa mengusung Paslon Sendiri yakni PKS dengan 12 kursi, PDI Perjuangan 10 kursi dan Partai Gerindra 10 kursi.

“Saat ini kami masih mencari informasi dulu terkait kontestasi Pilkada. Yang kedua, kami juga bisa mencalonkan dari kalangan sendiri, jika kita lihat calon-calon yang lain tidak pas dengan kita juga,” kata Ketua DPC PKB Kota Depok, Selamet Riyadi kepada Radar Depok, Selasa (18/6).

Menurut Selamet, hal tersebut bisa saja terjadi, karena berkaca dari Pilkada sebelumnya, meski kandas di pertengahan. Namun, setidaknya PKB sudah berupaya untuk mengusung calon dari kalangan sendiri. “Kami bisa berupaya seperti itu, karena kami punya kekuatan juga, selain PKB, kita juga punya kekuatan dari ulama NU,” ujarnya.

Selamet mengungkapkan, selama ini dirinya masih mencari berbagai masukan, baik dari kalangan struktural partai maupun dari kalangan NU, maupun dari partai lain guna mencari figur yang cocok  untuk dimajukan dalam Pilkada.

“Masih kita gali, siapa kira-kira yang memang bisa kita majukan sebagai calon di Pilkada, selain dari PKB yang juga ingin memajukan dari kalangan sendiri. Sementara ini, kami cari informasi dulu dan akan melakukan lobi-lobi politik untuk koalisi,” papar Selamet.

Saat ini, sambung Selamet, yang bisa mengusung sendiri ada tiga partai, yakni PKS, PDI Perjuangan dan Gerindra. Pihaknya juga memiliki kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai lain di luar tiga partai tadi untuk mengusung calon sendiri. “Ini kan bisa dibicarakan lagi nanti. Dengan partai-partai lain bisa membentuk poros keempat, dengan PAN, Demokrat, PPP dan PKB itu kan kita sudah cukup,” imbuhnya.

Nantinya, setelah menjalin komunikasi dengan partai lain, lanjut Selamet, pihaknya akan merapatkan di  internal. Kemungkinan, PKB sendiri akan menentukan sikap setelah September 2019. “Mudah-mudahan sih masih di tahun ini juga, mungkin setelah September kami akan upayakan itu,” pungkasnya.(cky)

You may also read!

16 Kursi di Kabinet dari Partai, Sisanya Belum Diketahui

Presiden Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan mengumumkan nama-nama untuk formasi

Read More...

Presiden Jokowi : Seabad Indonesia Pendapatan Rp27 Juta per Kapita per Bulan

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Rp 27 juta per kapita per bulan, itu menjadi

Read More...

LPM Duren Mekar Ajak Kembangkan Kebudayaan Betawi

BERSAHABAT : Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi (kanan) bersama Cablak diwilayah Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu