Pemberangkatan Haji Maju Sehari

In Utama
BIMBINGAN MANASIK HAJI: Walikota Depok, Mohammad Idris membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Manasik Haji tingkat Kota Depok Tahun 1440 Hijriah, yang diinisiasi oleh Kantor Kementerian Agama Kota Depok, di Masjid Balaikota Depok. Foto : IST FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kloter pertama pemberangkatan jamaah haji Indonesia 2019, bakal diberangkatkan lebih awal. Dijadwalkan Kloter 1 jamaah haji akan berangkat mulai 6 Juli 2019. Waktu tersebut, lebih cepat sehari dari jadwal sebelumnya, yakni 7 Juli 2019.

Majunya jadwal pemberangkatan ini, merupakan dampak dari adanya 10 ribu kuota tambahan jamaah haji. Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Nizar Ali menjelaskan, sebelumnya slot time penerbangan telah terjadwal tanggal 7 Juli hingga 15 September untuk pemulangan.

Namun dikarenakan terdapat penambahan, maka terjadi perubahan jadwal pada slot time landing pesawat di bandara.

“Mengacu pada rencana perjalanan haji yang semula tanggal 7 Juli, maju satu hari yaitu tanggal 6 Juli kloter awal. Pukul 00.05 waktu sana sudah landing di sana (Arab Saudi),” kata Nizar, Senin (24/6).

Disinggung soal penyelenggaraan ibadah haji 2019 untuk 10 ribu kuota tambahan, Nizar menuturkan, semua keperluan baik akomodasi dan transportasi telah siap. “Jadi dari sisi persiapan sudah clear sejak dua hari lalu. Semua persiapan siap, baik akomodasi dari awal siap,” kata dia.

Terpisah, Koordinator Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Depok, Fauzan menyebutkan, jamaah calon haji Kota Depok sudah mulai melakukan manasik sejak Sabtu (22/6) hingga Minggu (30/6) tingkat Kota Depok, pukul 08.00-12.00 wib.

“Manasik tingkat kota dimulai 22 hingga 30 Juni di Balaikota Depok. Sedangkan tingkat kecamatan berlangsung pada 23-27 Juni dan 29 Juni di masing-masing kecamatan,” ungkap Fauzan kepada Radar Depok, kemarin (24/2).

Saat ini lanjut Fauzan, Calhaj Depok hanya harus menyiapkan waktu untuk mengikuti manasik haji sebagai langkah membekali diri, guna mencapai tujuan meraih haji mabrur.

“Setelah manasik akan ada pembinaan ketua regu dan rombongan. Jamaah Depok yang siap berangkat sebanyak 1.702 orang di lima kloter,” terang Fauzan.

Sediakan Media Center Haji

Kemenag menyediakan informasi haji terkini termasuk seluk-beluk penyelenggaraan haji melalui Media Center Haji (MCH). Sekretaris Jenderal Kemenag M. Nur Kholis Setiawan pada Pembekalan Petugas Media Center Haji 1440 H/2019 di kantor Kemenag mengatakan, pihaknya membentuk MCH dengan para petugas sebanyak 30 orang terdiri dari wartawan dan fotografer yang diseleksi dari berbagai media di Indonesia.

“MCH ini signifikan karena menjadi sarana bagi jamaah haji dan publik untuk memperoleh informasi haji terkini, dan seluk beluk penyelenggaraan ibadah haji,” ungkap dia.

Pemberitaan yang dihasilkan petugas MCH yang merupakan bagian dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 dapat diakses melalui sejumlah media nasional sebagai bagian dari MCH 2019, maupun melalui website resmi Kemenag. Maka lanjutnya, MCH juga menjadi sarana untuk membangun pemahaman jamaah terkait proses dan layanan haji.

“Melalui MCH juga dibangun pemahaman melalui pemberitaan yang diharapkan akan berdampak terhadap penilaian jamaah pada indeks kepuasan pelayanan haji,” katanya.

Pihaknya sendiri melihat signifikansi MCH dalam penyelenggaraan haji sangat penting mengingat keluarga jamaah haji Indonesia sangat haus informasi tentang seluruh prosesi haji di Tanah Suci. “Survei Kemenag, selalu saja berita haji mendapat minat tinggi,” katanya.

Kemenag berupaya membekali para petugas MCH pada musim haji tahun ini melaporkan pemberitaan terkait haji yang lebih variatif, dari sisi konten maupun bentuk. “Dari sisi konten tidak semata hard news, tetapi juga menyentuh aspek kekhusyuan, kehidmatan, dan kebahagiaan jamaah dalam menjalani ibadah haji,” katanya.

Sementara dari sisi bentuk mencakup teks, foto humanis, serta info dan videografis sehingga informasinya mudah dipahami semua kalangan, termasuk kaum milenial. (gun/jpc/**)

You may also read!

16 Kursi di Kabinet dari Partai, Sisanya Belum Diketahui

Presiden Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan mengumumkan nama-nama untuk formasi

Read More...

Presiden Jokowi : Seabad Indonesia Pendapatan Rp27 Juta per Kapita per Bulan

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).   JAKARTA - Rp 27 juta per kapita per bulan, itu menjadi

Read More...

LPM Duren Mekar Ajak Kembangkan Kebudayaan Betawi

BERSAHABAT : Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi (kanan) bersama Cablak diwilayah Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu