One Home One Tree Warnai Lebaran

In Pendidikan

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Momen lebaran sejatinya diwarnai dengan hiruk pikuk pemudik yang kembali ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama sanak keluarga. Pemudik umumnya bersilaturahmi, berziarah dan mengunjungi lokasi wisata di daerah mereka.

Hal berbeda dilakukan para pemudik di Kampung Babakan, Kelurahan Purbaratu, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya. Mereka menanam puluhan pohon untuk penghijauan kampung pada Jumat (07/6).

Kegiatan bertajuk one home one tree ini digelar pukul 07.00 – 11.00 WIB, diinisiasi oleh beberapa pemuda yang tergabung dalam komunitas Green Builder. Komunitas ini terdiri dari mahasiswa-mahasiswi yang melanjutkan pendidikan di luar daerah dengan melibatkan pemuda setempat.

Di lokasi kegiatan, Vina F Nisa (27) inisiator gerakan ini mengatakan, setiap mudik ia menikmati suasana hijau dan asri, semua itu berkat leluhurnya yang menanam pohon di masa lampau. Ia bersama rekannya yang lain merawat tradisi agar generasi setelahnya juga menikmati kesejukan yang sama.

“Kegiatan ini meningkatkan kesadaran pentingnya gotong-royong dalam pencegahan agar desa tidak gersang, karena itu pemuda setempat dan adik-adik yang masih sekolah dasar pun kami libatkan,” ujar Vina, yang juga mahasiswi S-2 Jurusan Ketahanan Nasional di Universitas Indonesia (UI).

Senada, mahasiswa UI jurusan Ilmu Politik, Rizki I Fauzi menambahkan, bahwa lebaran menjadi momen yang tepat untuk menyemarakan gerakan “one home one tree”. Dengan gerakan satu rumah menanam satu pohon di pekarangan rumah, iaa berharap dapat menularkan semangat “go green” dan membangkitkan kesadaran keluarga untuk tetap mencintai lingkungan.

“Apabila ini diterapkan oleh seluruh keluarga di dunia ini, maka hasilnya akan dirasakan oleh generasi di masa mendatang, semoga menginspirasi khususnya teman-teman yang berasal dari desa,” terangnya. (gun)

You may also read!

Demokrat Depok Tolak KLB

RADARDEPOK.COM, DEPOK – DPC Partai Demokrat Kota Depok menolak keras rencana Kongkres Luas Biasa (KLB) yang diusulkan sejumlah pendiri

Read More...

Sebar Hoaks, Pria di Bojongsari Diringkus

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Diduga telah menyebarkan hoaks tentang ‘kasus Kivlan Zen direkayasa aparat’, seorang pria warga Bojongsari berinisial YM

Read More...

Miliki Ragam Barang Kuno, Simpan Borgol Zaman Belanda

RADARDEPOK.COM – Beragam barang kuno dan tergolong langka masih dimiliki H Rosidi yang tersimpan di rumahnya di Kelurahan Duren

Read More...

Mobile Sliding Menu