Nomor Urut Caleg Penentu Keberhasilan

In Politika

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Keterpilihan caleg perempuan di DPR pada Pemilu 2019 diprediksi mengalami kenaikan dibanding periode sebelumnya. Menurut Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) pengaturan nomor urut caleg menjadi salah satu penentu meningkatnya jumlah srikandi yang lolos ke Senayan.

Berdasarkan Puskapol UI melalui publikasinya menyebut caleg perempuan terpilih mencapai 20,5 persen. Jika dikonversikan dalam kursi, jumlahnya 118. Partai Nasdem mencatatkan persentase tertinggi, di mana 32,2 persen caleg terpilih mereka adalah perempuan.

Secara keseluruhan, hampir dipastikan jumlah perempuan di DPR mendatang meningkat dibandingkan periode 2014. Pada periode tersebut, jumlah anggota DPR perempuan mencapai 97 dari total 560 anggota. Atau 17,3 persen dari keseluruhan anggota.

Direktur Eksekutif Puskapol UI, Aditya Perdana menuturkan, berdasar data yang dikumpulkan pihaknya, 48 persen caleg perempuan terpilih adalah mereka yang memperoleh nomor urut 1.

“Pemilih masih memilih berdasar nomor urut atas, baik di nomor 1, 2, maupun 3,” kata Aditya.

Selain faktor tersebut, sambung Aditya keberhasilan memobilisasi jaringan kekerabatan mampu mendongkrak elektabilitas. Ditambah lagi faktor pengalaman para caleg dalam berkompetisi di berbagai jenis pemilihan. Baik pileg maupun pilkada.

“Di luar itu, kami juga memprediksi masih ada faktor klientalisme yang digunakan sebagian caleg untuk pemenangan mereka. Bukan hanya caleg perempuan, melainkan juga laki-laki. Aspek klientalisme lebih menonjolkan upaya transaksi material dalam memobilisasi dukungan dalam pemilu,” pungkasnya. (cky)

You may also read!

Komplotan Begal Sadis RTM Dicokok

  DIRINGKUS : Pelaku pencurian dengan kekerasan di Jalan RTM, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis saat dijebloskan

Read More...

Imigrasi Kota Depok Buka Pelayanan di Luar Pagar

BERIKAN PELAYANAN : Petugas saat melayani pengunjung di ruang custumer service yang merupakan salah satu

Read More...

Acep Azhari : Pemimpin Depok Harus Berdayakan Ekonomi

  SEMINAR : Acep Azhari saat menjadi narasumber dalam seminar yang diselenggarakan di Gedung MUI Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu